Sukses

Parenting

Obat Asma Menghambat Pertumbuhan

Asma adalah penyakit yang seringkali memerlukan perawatan dan pengobatan secara teratur. Akan tetapi, beberapa pengobatan asma, contohnya inhaler, dikabarkan menghambat proses pertumbuhan pada anak-anak. Menurut penelitian yang dilakukan dan ditulis pada webmd.com, seringkali pada anak-anak yang mendapatkan pengobatan terhadap asma dan mengkonsumsinya secara teratur, obat tersebut menyebabkan mereka lebih pendek daripada anak-anak yang tidak mendapatkan pengobatan.

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi obat asma tertentu, terutama yang mengandung budesonide dan nedocomil, memiliki tinggi yang sedikit lebih pendek daripada mereka yang tidak mengkonsumsi obat asma apapun. Hal ini membuktikan bahwa obat asma memiliki potensi untuk menghambat proses pertumbuhan dari anak-anak.

Akan tetapi, para ahli juga menemukan bahwa dengan menentukan jumlah pengobatan asma yang diberikan dan mengontrol dosisnya, efek samping tersebut bisa dikurangi. Penelitian ini masih dalam tahap perkembangan dan masih dicari tahu apakah pengaruh ini berlangsung dalam waktu yang lama.

Bila Anda orang tua dengan buah hati yang menderita asma, Anda dalam posisi yang sulit karena harus menentukan manakah yang lebih penting antara mengobati penyakit asma buah hati Anda atau membiarkannya karena bisa mempengaruhi pertumbuhannya. Anda tentunya lebih memilih untuk mengobati penyakit asma buah hati Anda kan, Ladies? Karena efek samping tersebut bisa dengan mudah Anda hilangkan dengan mengendalikan dosisi obat yang dikonsumsi buah hati Anda, sedangkan penyakit asma hanya bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obatnya saja.

Oleh: Mamor Adi P.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading