Sukses

Parenting

Macam Posisi Menyusui Bagi Ibu (1)

ASI merupakan asupan nutrisi terbaik bagi bayi. Karena itulah penting bagi ibu untuk memberikan ASI sesuai kebutuhan si bayi setiap harinya selama dua tahun. Banyak ibu yang berpikir bahwa menyusui adalah reflek bagi si ibu, namun kemudian kebingungan saat pertama kali melakukannya.

Seperti yang dilansir dari parents.com, Anda kan mengahabiskan waktu berjam-jam dengan si kecil sehingga Anda akan menemukan posisi yang nyaman bagi Anda dan si bayi. Ada beberapa posisi yang mudah dilakukan saat menyusui. Posisi itu antara lain:

- Cradle (Buaian)
Duduklah dan gendong si bayi dengan posisi bayi melintang dari perut Anda. Sangga kepala bayi dengan lipatan tangan Anda dan sangga pantat bayi dengan telapak tangan Anda. Jika Anda menyusui dengan payudara sebelah kanan, maka gendong si bayi dengan tangan kanan. Tangan kanan Anda sepenuhnya menyangga bayi, sementara tangan kiri memencet payudara Anda. Hadapkan wajah, perut, dan lutut si kecil pada Anda. Posisikan agar mulut bayi menempel pada puting susu.

- Cross Cradle (Buaian Silang)
Ini dilakukan jika posisi cradle sulit dilakukan karena Anda takut bayi akan jatuh. Caranya adalah Anda duduk dan gendong si bayi. Berikan bantal atau selimut sebagai alas bayi agar posisinya pas menghadap pada payudara Anda. Jika Anda menyusui dengan payudara kiri, maka sangga si bayi dengan tangan kanan. Telapak tangan kanan menyangga kepalanya dan lengan tangan kanan Anda menyangga tubuh bayi. Sementara, tangan kiri Anda memencet payudara.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading