Sukses

Parenting

Hati-Hati Hydrocephalus, Bunda!

Ladies, ini adalah minggu ketiga belas. Minggu ini adalah awal dari trimester kedua, namun ada juga beberapa dokter yang mengatakan bahwa ini masih masuk dalam trimester pertama.

Babycenter.com menyebutkan bahwa setelah terbentuk dengan sempurna dan memiliki kuku, sekarang sudah ada sidik jari di jempol dan setiap jari lainnya.

Janin Anda sedang berkembang dengan pesat. Pada usia ini, kepala janin Anda masih berukuran dua kali lebih besar daripada tubuhnya. Namun, tubuh bayi Anda mulai berkembang lebih cepat untuk menyeimbangi perkembangan kepalanya.

Ladies, perlu diketahui bahwa ukuran kepala janin yang lebih besar bukanlah tanda-tanda gejala hydrocephalus. Hydrocephalus adalah gejala yang muncul ketika bayi dilahirkan.

Pada minggu ini, organ kelamin bayi Anda mulai terbentuk. Apabila dia berjenis kelamin perempuan, maka di minggu ini dia sudah memiliki ovarium dan sel telur sebanyak 2 juta. Apabila dia berjenis kelamin lelaki, maka sel prostat mulai tumbuh.

Menurut mayoclinic.com, si kecil juga sudah bisa buang air kecil lo, Ladies, yang akhirnya bercampur dengan amniotic fluid atau air ketuban.

Ladies, perkembangan terakhir janin Anda di minggu ketiga belas ini menguatnya jaringan yang mengelilingi kepala bayi Anda. Begitu pula jaringan yang ada di tangan dan kaki.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading