Sukses

Parenting

Tulang Si Kecil Mulai Kuat di Minggu Ini

Ladies, minggu kelima belas adalah minggu dimana perkembangan janin Anda fokus untuk mengembangkan kerangka tubuh, dilansir oleh mayoclinic.com.

Dia masih tumbuh dengan pesat, dan sekarang seluruh jaringan tubuh yang mengelilingi tulang akan menjadi keras dan membentuk lapisan tulang baru di minggu ini. Jadi, bayi Anda sedang butuh banyak sekali kalsium.

Bila Anda melakukan pemeriksaan USG di minggu ini, Anda sudah bisa melihat tulang bayi Anda berkembang dengan sangat baik.

Sekarang dia memili panjang tubuh 4 inci, dengan berat sekitar 2.5 ons. Sekarang dia sudah berukuran sebesar apel.

Dia sedang sibuk menghela air ketuban dengan hidungnya yang memenuhi saluran pernafasan atasnya. Dengan begitu, rongga-rongga penyimpan udara yang masih primitive mulai berkembang di paru-parunya.

Di minggu lalu, tubuh janin Anda sudah terutupi oleh ramut halus hitam bernama lanugo. Di minggu ini, mulai ada pola cikal bakal rambut di kepala si kecil.

Sekarang kakinya sudah lebih panjang dibandingan kedua tangnnya. Dia juga sudah bisa menggerakkan sendi dan pergelangan kaki dan tangan.

Kemudian, walaupun kedua kelopak mata masih tertutup, tetapi janin Anda sudah peka cahaya. Sekarang dia bisa membedakan siang dan malam. Dan, dia lebih suka kegelapan, Ladies. Kalau Anda menyinari perut Anda, maka dia akan mundur.

Bila mata, telinga, dan hidung sudah berkembang dengan baik, tidak demikian dengan lidahnya. Papil baru saja berkembang, sehingga dia belum bisa merasakan rasa amniotic fluid. Hmm…

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading