Sukses

Parenting

Pentingnya Suplemen Vitamin D untuk Kesehatan Balita

Vitamin D itu penting lho Bunda untuk si kecil, karena vitamin D dibutuhkan oleh tubuh si kecil untuk menyerap fosfor dan kalsium, sehingga membuat tulangnya kuat. Nah, pertanyaannya, perlukah balita mengonsumsi suplemen vitamin D? Apa pengaruhnya bagi kesehatan balita?

Menurut mayoclinic.com, ASI adalah sumber nutrisi utama untuk bayi yang umurnya masih di bawah 6 bulan. ASI sebenarnya sudah mengandung vitamin D, tapi studi mengatakan bahwa vitamin D yang terdapat dalam ASI tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan si bayi.

Sumber vitamin D yang paling umum, yang bisa Bunda dapatkan secara gratis adalah dari sinar matahari. Sayangnya nih Bunda, sinar matahari itu tidak baik untuk bayi yang umurnya masih di bawah 6 bulan, karena sinar matahari dapat merusak kulitnya yang halus dan lembut.

Jadi, solusinya adalah dengan memberi bayi suplemen vitamin D. Suplemen vitamin D ini banyak dijual di apotek dan biasanya dalam bentuk sirup.

Apabila bayi sudah di atas enam bulan dan mulai mengonsumsi makanan padat, berikan dia makanan yang mengandung vitamin D seperti minyak ikan dan telur. Perlu atau tidaknya suplemen vitamin D untuk bayi yang sudah di atas enam bulan, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Yang perlu diperhatikan nih Bunda, baca takarannya benar-benar ya saat memberikan suplemen. Jangan sampai melebihi dosis normal.

Ayo Bunda, segera beli vitamin D-nya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading