Sukses

Parenting

Apakah Haid yang Tak Teratur Pengaruhi Kesuburan Perempuan?

Fimela.com, Jakarta Haid ini akan datang sebulan sekali pada perempuan. Ada yang mengalami haid secara teratur, namun tak sedikit perempuan yang mengeluhkan haidnya tidak lancar. Menurut WHO, ada 80% wanita di dunia yang mengalami siklus haid tidak teratur. Apakah siklus haid yang tidak teratur ini berhubungan dengan kesuburan perempuan?

Apabila perempuan mengalami siklus haid yang tak teratur, bisa jadi ia mengalami gangguan kesuburan. Jika Sahabat Fimela mengalami haid yang tidak teratur selama 3 bulan atau lebih, memang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Nah, agar siklus menstruasi jadi teratur, perlu dilakukan perubahan-perubahan kecil dalam pola makan dan pola hidup. Misalnya saja dengan tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi makan makanan sehat.

Selain itu jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur ya. Lakukan olahraga kardio atau aerobik supaya siklus menstruasi tidak terlambat. Olahraga bisa meredakan stres dan merangsang keluarnya hormon endorfin dan mengurangi kadar estrogen dalam tubuh. Olahraga ini bisa membuat siklus menstruasi lebih lancar tanpa efek samping.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading