Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Ruam Merah Akibat Popok

Penggunaan popok pada bayi tak jarang menimbulkan ruam-ruam merah pada area genital bayi. Hal ini tentu membuat Bunda harus lebih cermat dalam memilih popok bayi mana yang aman untuk digunakan si kecil supaya ia tidak perlu mengalami ruam merah akibat memakai popok.

Namun, jika si kecil sudah terlanjur mengalami ruam merah di kulit karena popok, maka Bunda perlu mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi ruam merah tersebut. Nah, untuk membantu Anda, berikut ini ada beberapa tips mengatasi ruam merah pada bayi yang dilangsir dari situs healthychildren.org.

1. Bersihkan dengan lembut area genital termasuk pantat bayi dengan menggunakan kain lap yang telah dibasahi air. Bunda juga bisa menggunakan tisu basah khusus bayi yang bebas wewangian dan alkohol untuk membersihkan area genital si kecil. Jika kotoran bayi agar sulit untuk dibersihkan, maka Bunda bisa menggunakan air dan sabun khusus bayi agar ruamnya tidak semakin parah.

2. Ketika membersihkan dan mengeringkan area genital bayi yang mengalami ruam merah, hindari menggosok area tersebut. Sebaliknya, tepuk lembut bagian yang masih basah dengan menggunakan kain kering atau tisu. Jika si kecil menderita ruam yang terlalu parah, maka Bunda bisa membiarkan area tersebut untuk kering dengan sendirinya dengan bantuan udara sekitar.

3. Oleskan salep atau krim yang mengandung zinc oxide atau petroleum jelly di sekitar area genital si kecil untuk meredakan ruam merah akibat penggunaan popok bayi. Salep tersebut biasanya tebal dan lengket, tapi tidak perlu untuk selalu dibersihkan tiap mengganti popok. Ingat, hindari menggosok ruam-ruam tersebut karena bisa membuat ruam tersebut lebih parah.

4. Hindari mengenakan popok terlalu ketat terutama pada malam hari saat si kecil akan tidur. Kenakan popok pada bayi dengan agak longgar agar ruam tidak menjadi semakin parah. Popok yang terlalu ketat bisa menyebabkan kotoran bayi menempel terlalu dekat dengan kulit sehingga rawan memperparah ruam merah pada kulit si kecil.

5. Apabila Bunda akan menggunakan krim kulit yang mengandung steroid, pastikan Anda menggunakannya atas resep dokter. Krim yang mengandung steroid jarang digunakan ataupun diperlukan dan sering kali berbahaya bila digunakan oleh bayi.

Jika selama 2 – 3 hari ruam tidak juga berkurang atau menjadi semakin parah dan mengeluarkan nanah, maka Bunda sebaiknya segera membawa si kecil ke dokter. Bunda tentu tidak ingin keadaan si kecil semakin parah akibat ruam merah tersebut bukan?

Semoga tips di atas dapat membantu Bunda sekalian mengatasi ruam merah akibat popok pada bayi.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading