Sukses

Parenting

Telur Sangat Baik Dikonsumsi Ibu Hamil karena Alasan Ini

Fimela.com, Jakarta Menjaga pola makan selama kehamilan sangatlah penting. Penting sekali memahami apa saja makanan yang perlu dikonsumsi selama kehamilan. Salah satu superfood yang baik untuk ibu hamil adalah telur.

Digoreng atau direbus, telur bisa jadi sumber protein yang baik untuk ibu hamil. Dilansir dari thebump.com, telur juga mengandung folat, zat besi, dan kolin. Kolin sangat baik untuk perkembangan otak dan mengurangi risiko terjadinya Neural Tube Defect (NTD), yaitu cacat bawaan yang timbul akibat tidak sempurnanya penutupan neural tube (tabung saraf) selama pertumbuhan embrional.

Untuk bisa mendapatkan manfaat terbesar dari kolin, bagian kuning dan putih telur perlu dikonsumsi semua. Khususnya, pada bagian kuning telurnya. Ibu hamil bisa mengonsumsi satu atau dua butir telur setiap hari. Dikutip dari parenting.firstcry.com, satu butir telur mengandung 185 mg kolesterol dan tubuh membutuhkan 800 mg kolesterol setiap hari. Tapi kalau ibu hamil memiliki kolesterol tinggi, konsumsi telur mungkin hanya perlu satu butir per hari atau dikonsultasikan dulu dengan dokter, ya.

Telur yang baik dikonsumsi ibu hamil sebaiknya yang sudah dimasak sampai matang. Dengan kata lain, bukan telur mentah atau telur setengah matang. Sebab telur mentah atau yang belum matang dikhawatirkan mengandung bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan ibu hamil muntah dan diare. Jadi disarankan agar telur yang dikonsumsi sudah direbus atau digoreng sampai benar-benar matang.

Mengonsumsi telur pada masa awal kehamilan juga disarankan sebab telur mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan. Telur bisa jadi sumber protein yang baik untuk ibu hamil. Imbangi juga dengan konsumsi makanan sehat lainnya untuk menjaga kesehatan selama kehamilan bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Buah Kering dan Kacang-Kacangan untuk Ibu Hamil
Artikel Selanjutnya
Tips Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil