Sukses

Parenting

Gampang Capek Bisa Jadi Salah Satu Tanda Awal Kehamilan karena Alasan Ini

Fimela.com, Jakarta Tanda-tanda kehamilan yang dirasakan pada setiap perempuan bisa berbeda satu sama lain. Sebagian perempuan pun akan merasakan tubuhnya gampang capek di awal kehamilan. Tubuh jadi terasa mudah lelah dan letih, tidak seperti biasanya.

Apa yang membuat tubuh jadi gampang capek di awal kehamilan? Dilansir dari thebump.com, perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi penyebabnya. Selain itu, tubuh akan memproduksi lebih banyak darah untuk menyalurkan nutrisi ke janin yang baru tumbuh. Sementara itu, kadar gula darah dan tekanan darah pun jadi lebih rendah. Kombinasi dari semua faktor dan perubahan tersebut kemudian membuat tubuh jadi gampang capek dan mengantuk.

Tubuh yang gampang capek di awala kehamilan merupakan hal yang masih tergolong normal. Bahkan ini bisa jadi kabar baik karena akan menyambut hadirnya sang buah hati yang sudah lama dinanti. Untuk mengatasi kondisi tubuh yang gampang capek ini kita memang perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk istirahat. Cukupi juga asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan.

Luangkan waktu untuk tidur cukup setiap hari. Bahkan tidur selama 15-20 menit pada siang hari bisa sangat membantu kita untuk mengatasi tubuh yang gampang lelah. Untuk menjaga kadar gula darah, bisa diimbangi dengan mengonsumsi camilan sehat dari aneka buah-buahan, seperti pisang dan alpukat. Kacang-kacangan juga bisa dikonsumsi sebagai camilan atau makanan ringan.

Kurangi juga konsumsi makanan olahan, berpemanis, dan yang digoreng. Pilih makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks untuk menjaga energi tubuh, seperti aneka buah beri, telur, dan beras merah. Olahraga ringan seperti jalan kaki santai juga bisa dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh dan tidak gampang capek di awal kehamilan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ubi Jalar Sangat Baik Dikonsumsi Ibu Hamil karena Alasan Ini
Artikel Selanjutnya
Nyeri Payudara Bisa Jadi Salah Satu Tanda Kehamilan karena Alasan Ini