Sukses

Parenting

Tips Agar Ibu Tidak Membahayakan Bayi saat Tidur Bersama

Fimela.com, Jakarta Beberapa ibu memilih tidur dengan bayinya di ranjang untuk memastikan si kecil tidak rewel, bisa tidur dengan nyenyak dan pastinya menjaganya jika sewaktu-waktu terbangun dan lapar. Meski begitu, tidur dengan menyanding bayi bisa membahayakan bayi, karena ibu bisa menindih bayi tanpa sadar saat tidur, seperti dilansir dari Kids Health.org.

Namun jika masih ngotot ingin tidur bersama bayi karena merasa cara ini lebih mudah untuk menjaga si kecil, ini tips yang bisa dilakukan.

  1. Jangan tidur dengan bayi jika usianya masih 1-4 bulan, ini adalah usia risiko mengalami sidnrom kematian mendadak (SIDS) sangat tinggi.
  2. Tidurkan bayi telentang, jangan sekali-kali mengubah posisi alaminya saat tidur.
  3. Tidur dengan bayi di kasur yang tidak mudah berubah bentuk dan permukaan yang datar. Jangan menidurkan bayi pada permukaan kasur yang terlalu lembut dan kenyal seperti springbed yang mudah membuat bayi tergelinding.
  4. Pastikan tidak ada sisi-sisi yang tajam, sela-sela yang bisa membahayakan dan membuat si kecil terjepit atau terbentur.
  5. Hindari menggunakan banyak bantal, guling dan selimut tebal.
  6. Pastikan bagian kepala bayi dan sekitarnya tidak tertutupi sesuatu.
  7. Jangan tidur bersama kakak si bayi atau anak yang lebih tua di satu ranjang selagi tidur dengan bayi.

Ibu harus ekstra hati-hati jika tidur dengan bayi saat si kecil masih sangat dini. Lebih baik jika bayi memiliki kasur sendiri. Itu sekian tips jika ingi tidur bersama bayi di satu tempat tdiur yang sama agar si kecil aman dan nyaman. Akan lebih baik lagi jika ibu bisa memastikan bahwa ia punya kebiasaan tidur dengan tenang atau tidak suka bergerak.

Loading
Artikel Selanjutnya
Hindari Kulit Lecet Pada Bayi dengan Perawatan Mudah Ini
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menciptakan Kedekatan dengan Bayi yang Baru Lahir