Sukses

Parenting

Usia 6 Bulan, Ini Sekian Hal yang Sudah Bisa Dilakukan Bayi

Fimela.com, Jakarta Perkembangan bayi menjadi perhatian utama ibu sejak lahir. Perlahan namun pasti, bayi akan menunjukkan perkembangan panca indera. Di usia enam bulan, perkembangan indera peraba, pendengar dan indera penglihatan berkembang pesat. Ini sekian hal yang sudah bisa dilakukan si kecil.

Seperti dilansir dari Kids Health.org, koordinasi tangan-mata bayi sudah banyak mengalami perkembangan yang signifikan. Jika bayi sudah sering terlihat berkonsentrasi dengan mainan yang ia pegang, sudah saatnya mengenalkan pada berbagai mainan baru. Di usia ini, bayi sudah bisa duduk dan pergerakannya juga lebih lincah. Ia bisa meraih apa pun di sekitarnya.

Di usia lebih muda, bayi sudah bisa merespon suara dan ekspresi orang-orang terdekatnya. Di usia enam bulan, ia sudah bisa mengeluarkan suara dan bergumam. Bayi sudah bisa mengenali intonasi atau nada suara dan merespon ketika digoda atau diajak bicara.

Lebih seringlah mengajak bicara, membacakan cerita atau memperdengarkan lagu untuk melatih pendengaran dan kemampuan bicaranya. Ia akan mulai meniru suara yang ia dengar.

Bayi juga perlu sentuhan untuk mengenal dunia di sekitarnya. Memberi kesempatan anak untuk memegang berbagai benda di sekitarnya dan pentingnya sentuhan seperti pelukan, belaian dan ciuman akan merangsang pembentukan mental dan sense of comfort. Adanya pelukan dari orangtua akan memberi bayi rasa nyaman, aman dan dicintai.

Jadi, ada banyak hal yang sudah bisa dirasakan bayi di usia 6 bulan ini. Orangtua bukan hanya perlu memantau, namun juga melatih agar perkembangan bayi tetap positif.

Loading