Sukses

Parenting

3 Cara Utama Membangun dan Membentuk Tulang Anak yang Kuat

Fimela.com, Jakarta Untuk perkembangan sehat anak, salah satu gal yang perlu diperhatikan adalah perkembangan tulang dan giginya yang sehat dan kuat. Sejak di dalam kandungan, bayi sudah banyak menyerap kalsium dan zat besi untuk membentuk tulang dan gigi.

Kebutuhan nutrisi untuk tulang dan gigi harus diteruskan ketika ia sudah lahir. Nutrisi pertama yang didapat bayi tentu dari air susu ibu. Seperti dilansir dari Kids Health, anak membutuhkan tiga nutrisi tulang berupa kalsium, vitamin D dan olahraga atau aktivitas fisik.

1. Kalsium

Kalsium bisa didapat dari ibu yang suka makan makanan mengandung kalsium tinggi seperti susu, yogurt, keju, kacang-kacangan, sayuran hijau dan jus jeruk. Untuk anak-anak yang sudah cukup umur mengenal makanan padat, bisa dikenalkan dengan sayuran hijau, cereal, keju dan susu. Pastikan selalu ada makanan tinggi kalsium dalam menu harian anak.

2. Vitamin D

Vitamin D bisa didapatkan dengan mudah dengan cara mengajak anak beraktivitas di luar rumah. vitamin D berasal dari sinar matahari pagi yang sehat mampu diserap tubuh sehinhha bisa membantu penyerapan kalisum.

3. Olahraga

Olahraga atau latihan aktivitas fisik secara alami akan dilakukan anak-anak yang aktif. Namun jika anak pemalu, ajak jalan-jalan ringan sambil memegang tangannya, mendukungnya untuk mau bermain dengan teman-teman dan aktivitas anak-anak lainnya. Latihan fisik akan membantu mlatih otot dans endi anak sehingga menguatkan tulangnya. Olahraga seperti bersepeda dan berenang juga bisa dicoba jika anak cukup berani.

Itu tiga cara paling umum sekaligus paling efektif membentuk tulang anak yang kuat dan padat.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Menyebabkan Anak Rentan Alergi
Artikel Selanjutnya
Kapan Anak Boleh Berhenti dari Aktivitas Tidur Siang?