Sukses

Parenting

Usia 12 Bulan, Ini Sekian Hal yang Sudah Bisa Dilakukan Bayi

Fimela.com, Jakarta Berbulan-bulan lamanya sudah berlalu dan si kecil sudah menginjak usia 12 bulan. Bayi berusia 12 bulan tentu sudah sangat berbeda dengan ketika pertama dilahirkan. Pertumbuhan tubuh yang baik, bertambahnya berat badan dan panjang tubuh adalah hal paling umum yang bisa dilihat.

Namun apa saja yang sudah bisa dilakukan bayi di usia genap satu tahun ini? Bayi usia 12 bulan sudah bisa makan dengan tangannya sendiri. Ini adalah latihan motorik dasar yang bisa dibiasakan orangtua ketika tangan anak sudah cukup kuat mengangkat dan memegang benda.

Di usia ini, bayi juga sudah mulai mengembangkan dan memilih makanan mana yang disukai (food preferences) dan membentuk nafsu makan, seperti dilansir dari Kids Health.org. Melatih pergerakan tangan anak dan mengajak ngobrol akan mengembangkan kemampuan berpikir dan panca inderanya.

Anak paham ketika diajak bicara dan di saat-saat inilah kemampuan bahasanya mulai dibangun. Tidak masalah mengajak anak bicara dalam beberapa bahasa jika ingin anak memiliki kemampuan bilingual atau multilingual. Pembiasaan ini bisa dimulai sejak usia dini, karena perkembangan otak anak sudah baik, apalagi di usia 12 bulan.

Nah, itu dia sekian hal yang sudah bisa dilakukan bayi usia 12 bulan atau satu tahun. Tetap pantau dan latih anak agar perkembangannya sehat dan optimal ya Moms.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tipe Mainan Edukasi untuk Melatih Kemampuan dan Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun