Sukses

Parenting

Usia 5 Bulan, Ini Sekian Hal yang Sudah Bisa Dilakukan Bayi

Fimela.com, Jakarta Ada banyak perkembangan yang terjadi saat bayi berusia lima bulan, terutama perkembangan panca indera tubuhnya. Namun apa saja yang sudah bisa dilakukan dan perkembangan apa saja yang seharusnya sudah bisa dirasakan si kecil?

Bayi di usia ini juga sudah bisa melihat dalam jarak yang lebih jauh, tidak lagi kabur saat membuka mata. Ia juga sudah bisa melihat sekelilingnya dan mengikuti benda bergerak yang terlintas di depannya. Mata bayi sudah bisa fokus, tidak lagi juling dan bisa membedakan warna.

Dilansir Kids Health.org, karena ia sudah bisa membedakan warna dan bahkan mulai mengenali corak dan bentuk benda, secara alami ia akan mengembangkan rasa penasarannya dengan meraih apa pun di sekitarnya.

Ia akan terlihat berkonsentrasi menyentuh atau memegang benda yang ada di tangannya. Ini adalah cara mengembangkan koordinasi mata dan tangan. Beri mainan kecil agar bisa ia pegang untuk mengembangkan koordinasi indera perasa dan penglihatan bayi. Untuk melatih penglihatan bayi, mengajaknya jalan-jalan santai pagi hari adalah cara yang baik untuk dilakukan.

Sejak awal bayi sudah bisa mendengar sejak masih dalam kandungan. Tidak mengherankan jika kemudian ia sudah memberikan respon terhadap suara. Suara orangtuanya adalah yang paling membuatnya nyaman. Indera pendengaran berhubungan erat dengan kemampuan bicara bayi. Di usia ini, si kecil sudah mampu menggumam atau mengeluarkan suara seakan ia ingin bicara atau bakan menirukan suara di sekitarnya.

Bayi di usia 5-6 bulan juga sudah mulai bisa mengangkat tubuhnya dalam posisi duduk. Pastikan ia memiliki cukup ruang untuk melatih koordinasi tubuhnya. Di usia ini dokter akan menyarankan orangtua untuk mengenalkan bayi pada makanan padat pertamanya.

Jadi, itu dia sekian perkembangan bayi usia lima bulan yang bisa dilihat dan dikenali orangtua. Jadi, catat apa saja yang sudah bisa dilakukan si kecil ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Beragam Ide Perayaan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Jakarta