Sukses

Parenting

Kapan Anak harus Berhenti Minum dari Botol?

Fimela.com, Jakarta Pada perkembangannya, bayi yang sudah cukup umur harus melepas kebiasaan minum susu dari botol. Beberapa balita sangat bergantung dengan botol susunya dan tak mau melepas bahkan ketika sudah besar.

Lalu bagaimana cara orangtua melepas kebiasaan ini dan kapan waktu yang tepat? Dilansir dari Kid's Health.org, banyak dokter menyarankan mulai mengenalkan bayi pada gelas di usia 6 bulan ketika ia sudah siap mengenal makanan padat pertamanya.

Tentu saja, di perkenalan pertama, kebanyakan susu mungkin akan tumpah dari sisi bibir gelas karena anak masih tidak terbiasa menggunakannya. Mulai dengan sedikit demi sedikit menyendokkan susu ke mulutnya.

Namun bayi berusia 12 bulan sudah cukup mampu menyeimbangkan koordinasi lidah dan kemampuan menelan yang baik serta tangan untuk memegang gelas dan minum darinya. Mulai saat si kecil berusia satu tahun dan lakukan berkala. Paling tidak, usia 2 tahun ia sudah tidka bergantung pada susu botol.

Mulai mengurangi penggunaan botol secara natural. Jika menyingkirkan botol susu langsung, tentu tidak mungkin. Perlu dilakukan berkala, mengurangi frekuensinya setiap hari sambil membiasakan ia menyendok susu dari gelas hingga membiasakan minum dari gelas sehingga anak mulai terbiasa tanpa botol susu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading