Sukses

Parenting

Menjadi Sahabat Terbaik untuk Buah Hati, Bagaimana Caranya?

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tua pasti ingin selalu dekat dan mengerti serta memahami anak-anaknya dengan baik. Namun, seiring dengan bertambahnya usia anak, tidak sedikit orangtua yang merasa jauh dengan anak. Apalagi jika orangtua dan anak sama-sama memiliki kesibukan yang membuat keduanya jarang berkomunikasi dan bercerita satu sama lain.

Agar orangtua tetap bisa dekat dengan anak dan mengerti serta memahaminya dengan baik, melansir dari laman parents.com sesibuk apapun orangtua, penting baginya untuk senantiasa perhatian pada anak. Khususnya untuk para ibu, penting baginya untuk selalu dekat dengan anak dan akan semakin baik jika ia bisa menjadi sahabat pertama untuk anaknya.

2 dari 2 halaman

Cara Menjadi Sahabat Anak

Tak sulit untuk menjadi sahabat pertama buat anak. Ini mengingat bahwa ibu adalah sosok pertama yang selalu ada untuknya sejak anak bayi. Agar ibu bisa menjadi sahabat terbaik anak, jadilah ibu yang sabar, tenang dan penuh pengertian pada anak.

Jadilah ibu yang dengan senang hati menjadi pendengar baik buat anak. Tak hanya sebagai pendengar, ibu juga harus berusaha menjadi penasehat yang bijak buatnya. Saat anak melakukan kesalahan, jangan langsung menghakiminya. Menghakimi anak hanya anak membuatnya menjaga jarak dengan ibu pun ayah serta anggota keluarga lainnya.

Saat bersama anak, pastikan untuk tidak sibuk sendiri apalagi sibuk dengan gadget. Ajak bercerita banyak hal dan buat ia merasa diperhatikan. Minta pendapat anak tentang hari-harinya, apa yang membuatnya bosan, apa yang membuatnya bahagia dan lain lagi. Dengan mengetahui pendapat anak dan apa yang diinginkan anak, orangtua bisa berlaku lebih bijak dalam memperlakukan anak.

Agar usaha menjadi sahabat anak berjalan dengan baik, beri kepercayaan pada anak. Anak yang merasa dipercayai, ia akan lebih percaya diri dan menghargai betul kepercayaan itu. Selalu ciptakan suasana menyenangkan bersama anak agar ia mau menjadi sahabat terbaik buatmu Sahabat Fimela.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tanda Buah Hati yang Masih Bayi Sangat Mencintaimu Sahabat Fimela
Artikel Selanjutnya
Super Special Mom: Kumpulan Para Ibu Hebat dengan Anak-anak Istimewa