Sukses

Parenting

Mengapa Perempuan Sering Insomnia Saat Haid?

Fimela.com, Jakarta Beberapa perempuan mengeluhkan gangguan susah tidur saat akan menjelang menstruasi. Well, menururt penelitian memang banyak sekali perempuan yang mengalami insomnia menjelang haid ini meskipun tak setiap bulan. Lalu, apa sih yang menyebabkan gangguan tidur ini terjadi?

Ternyata hal ini sebagian besar disebabkan oleh perubahan hormon yang dialami menjelang menstruasi. Hormon-hormon yang bekerja pada saat menstruasi ini bertolak belakang dengan hormon melantonin alias hormon tidur. Karena jumlah hormon estrogen dan progesteron yang sangat tinggi saat itu, hormon melatonin tidak dapat bekerja dengan baik untuk mengatur waktu tidur dan menyebabkan rasa kantuk. Inilah mengapa perempuan sering sekali merasa susah tidur saat PMS atau akan haid.

Tidak cuma menyebabkan insomnia saja, penelitian membuktikan bahwa hormon yang bekerja dan bertolak belakang dengan hormon tidur ini mengganggu proses mimpi di malam hari. Karena itu perempuan yang mengalami siklus ini tidak akan bermimpi.

Untuk mengantisipasi ini, Sahabat Fimela disarankan untuk rajin olahraga. Olahraga akan membantu merangsang hormon tidur yang membuatmu tidur lebih nyenyak meskipun sedang dalam siklus PMS atau menstruasi. Perbanyak pula konsumsi makanan sehat dan air putih ya. Stay healthy meskipun sedang menstruasi ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading