Sukses

Parenting

Hamil, Tya Ariestya Tetap Waspada di Usia Trimester Ketiga

Fimela.com, Jakarta Usia kehamilan di trimester ketiga seringkali dianggap lebih aman dibandingkan sebelumnya. Namun, Tya Ariestya tetap dengan kewaspadaannya dalam merawat bayi dalam kandungannya di trimester akhir tersebut.

Ia memilih untuk tetap rutin melakukan pemeriksaan, salah satunya dengan USG 4D. "Gimana, mirip gak manyunnya?. Alhamdulillah kemaren 4d trimester akhir di @rsiabundajakarta," ujar Tya di laman Instagramnya, tya_ariestya.

Tya juga memberikan informasi mengenai kapan pemeriksaan jenis ini bisa dilakukan. "Buat yang mau tahu biasanya 4d bisa dilakukan 3x, trimester pertama 11-13w, trimester kedua 20- 22w, trimester ketiga 28-32w," lanjutnya.

Mengenai fungsi, pemeriksaan ini tak hanya untuk melihat secara jelas kondisi dan posisi anak, apalagi hanya gaya-gayaan. "Bukan untuk ngelihat bentuk wajah bayi ya. Tapi lebih ke make sure perkembangan dan pertumbuhan sesuai ukuran dan kelengkapan sang baby," tuturnya.

Tya sendiri merasa sangat senang ketika mendapati bayinya dalam kondisi yang sangat baik. "Kalau kemarin udah dicek, alhamdulillah matanya, lensa matanya, lubang hidungnya, bibir atas, bibir bawah, rahangnya, ukuran otaknya, jantungnya, lambungnya, kakinya, sampai ke testis dan buah zakarnya yg sudah mulai turun," lanjutnya.

"Alhamdulillah semua sesuai walau kita belum bisa make sure fungsinya, tapi bentuknya sesuai. Aku pun sudah cek kromosom melalui NIPT untuk melengkapi semuanya, jadi insyaallah saling melengkapi & hasilnya baik. Satu lagi, gak cuma untuk kondisi baby aja, tapi ibunya juga dicek," tuturnya.

Tya Ariestya tak mau merasa aman demi yang terbaik pada bayinya. "Aliran darah ke baby, dan aliran darah Ibunya. Yang akhirnya bisa dideteksi untuk pre-eklamsianya. Alhamdulillah aku masih tetep beresiko tapi bukan untuk nakutin melainkan untuk dijaga," paparnya.

Rutin Dilakukan

Tya Ariestya mengatakan lebih lanjut bahwa dirinya rutin melakukan cek dan ontrol. Menurutnya tak boleh telat sama sekali. "Jadi control udah pasti masuk 2 minggu sekali (gak boleh kelewatan 1 hari pun)," tambahnya.

"Untuk 4d aku sama dr @reinorambey karena Dokter 4d Ini harus dokter khusus berbeda dengan dokter kandungan biasa, biasanya dirujuk juga dari dokter kandungannya atau bisa datang langsung dengan reservasi," tandas Tya yang meminta doa agar dilancarkan sampai hari perkiraan lahir di awal Mei mendatang.

  • Tya Ariestya, lahir 30 Maret 1986, yang bernama lengkap Ariestya Noormita Azhar adalah aktris sinetron dan film Indonesia.
    Tya Ariestya, lahir 30 Maret 1986, yang bernama lengkap Ariestya Noormita Azhar adalah aktris sinetron dan film Indonesia.
    Tya Ariestya
Loading
Artikel Selanjutnya
Artis Indonesia yang Menikah pada 17 Agustus