Sukses

Parenting

Memilih Sekolah untuk Buah Hati, Ini yang Harus Diperhatikan!

Fimela.com, Jakarta Meski semester pertama sekolah masih cukup lama lagi, tidak ada salahnya bagi Mom untuk mempersiapkan anak untuk masuk ke sekolah dengan baik mulai sekarang. Terlebih lagi, ketika anak akan masuk sekolah untuk pertama kalinya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan orangtua ketika memilih sekolah terbaik buat buah hati.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orangtua ingin memberikan pendidikan yang terbaik buat anak-anaknya. Pendidikan sendiri adalah investasi jangka panjang yang membantu anak menemukan kesuksesan di masa mendatang. Sementara sekolah, melansir dari laman parents.com, ini adalah rumah ke dua untuk anak yang tak hanya dilihat dari fasilitas terbaiknya saja tetapi juga banyak hal di dalamnya.

Saat memilih sekolah untuk buah hati, cobalah untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini Mom.

2 dari 4 halaman

Memilih Sekolah Buat Anak

Sekolah Idaman Anak

Sebelum memasukkan anak ke suatu sekolah, coba tanyakan ke anak ia ingin masuk ke sekolah mana. Tidak sedikit anak yang sudah memiliki cita-cita ingin sekolah ke sekolah tertentu. Pilihlah sekolah yang tidak hanya memiliki fasilitas bagus tetapi juga lingkungan yang sehat. Pahami dengan lebih baik kelebihan juga kekurangan sekolah tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan anak.

Jarak Sekolah dan Rumah

Perhatikan lagi jarak sekolah dengan rumah. Jarak sekolah yang tidak terlalu jauh akan lebih baik bagi anak yang akan masuk PAUD, TK maupun SD. Selain memudahkan Mom memantau keseharian anak di sekolah, jarak sekolah yang dekat tak akan membuat anak merasa capek setiap kali berangkat dan pulang sekolah.

3 dari 4 halaman

Pilih Sekolah yang Sesuai Kebutuhan Anak

Guru, Staf dan Siswa

Perhatikan gurum, staf dan siswa lainnya jika hendak memasukkan anak ke sebuah sekolah. Pastikan jika guru, staf dan siswa lain akan menyalurkan energi positif ke anak. Yang terpenting, pastikan bahwa guru di sekolah tersebut adalah guru yang baik, profesional dan memiliki kompetensi mengesankan. Guru adalah penentu anak bisa belajar dengan baik, menyenangkan dan mengesankan di sekolah.

Bahasa Pengantar dan Konsep Belajar yang Diterapkan

Mungkin ini adalah hal yang sering diabaikan oleh orangtua. Tapi mulai sekarang, cobalah untuk lebih memerhatikan lagi ya Mom. Mengetahui bahasa pengantar dan konsep belajar yang diterapkan di sekolah adalah hal yang penting. Jika bahasa pengantar dan konsep belajar yang diterapkan ternyata tidak dikuasai anak, ini tentunya akan membuat anak merasa tertekan. Ini juga akan membuat anak kesulitan menangkap setiap pelajaran yang diberikan guru.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sekolah untuk buah hati apalagi yang baru masuk sekolah. Yuk Mom, semakin bijak dan pengertian akan kebutuhan anak. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah untuk Pertama Kali