Sukses

Parenting

Hamil di Trimester Tiga, Bolehkah Sahabat Fimela Berpuasa?

Fimela.com, Jakarta Dalam hitungan beberapa hari ke depan, umat muslim di seluruh dunia akan sampai di bulan Ramadan atau puasa. Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan sendiri bagi umat muslim yang telah telah memenuhi syarat dan ketentuan berpuasa, ia wajib berpusa.

Meski begitu, tidak semua orang diperbolehkan berpuasa ya Sahabat Fimela. Ada beberapa alasan terutama karena faktor kesehatan seseorang dianjurkan untuk meninggalkan puasa dan menggantinya di hari lain.

2 dari 3 halaman

Puasa Saat Hamil

Salah satu orang yang disarankan untuk meninggalkan puasa untuk sementara waktu dan berwajiban menggantinya di hari lain adalah ibu hamil serta menyusui jika ia khawatir berpuasa akan mengganggu kesehatannya serta kesehatan buah hati. Ibu hamil yang menjelang persalinan atau sedang hamil di trimester tiga sebaiknya tidak berpuasa dulu. Alasannya adalah demi menjaga kesehatan tubuh Mom dan janin di kandungannya agar tetap baik serta mengesankan.

Ketika seorang ibu hamil berpuasa sedangkan asupan nutrisinya tidak tercukupi dengan baik, ini bisa mengganggu tumbuh kembang anak. Ini juga dikhawatirkan bisa berisiko mengganggu kelancaran jalannya proses persalinan nantinya. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di American Society of Anesthesiologist menemukan jika kekurangan asupan nutrisi dan gizi selama kehamilan bisa memengaruhi kelancaran proses persalinan.

Pola makan yang tidak teratur, istirahat yang kurang dan asupan nutrisi yang tidak tepat akan membuat kehamilan rentan mengalami berbagai masalah. Meski begitu, jika Mom merasa kesehatan baik-baik saja, kuat dan menjamin asupan nutrisi selama kehamilan tercukupi dengan baik saat puasa, tak ada salahnya bagi ibu hamil untuk tetap berpuasa. Jika ingin tahu yang terbaik bagi Mom, selalu konsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mulai Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Belajar Berpuasa?
Artikel Selanjutnya
Puasa Ramadan Semakin Nyaman dengan Menggunakan Essential Oils