Sukses

Parenting

Makanan yang Baik untuk Anak saat Sahur dan Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Kebutuhan gizi dan nutrisi anak selama menunaikan ibadah puasa Ramadan tetap perlu kita cukupi dengan baik. Saat sahur dan berbuka, kita perlu memastikan bisa memberi menu yang dapat membantu menjaga kebugaran tubuh anak saat berpuasa.

Sebenarnya tidak terlalu sulit kok menyiapkan menu sahur dan berbuka yang bernutrisi untuk anak. Memastikan anak mendapat asupan makanan dan minuman yang sehat selama puasa bulan Ramadan bisa dimulai dengan memerhatikan sejumlah hal berikut ini.

1. Menu Sahur Tinggi Protein

Dilansir dari 800doctor.com, anak-anak disarankan makan sahur dengan menu tinggi protein. Telur, susu, keju rendah lemak, kacang-kacangan, dan ikan bisa dihidangkan untuk sahur. Asupan seratnya juga harus dipenuhi, bisa dari sayuran, buah-buahan kering, atau buah-buahan segar.

2. Menu Takjil dengan Buah-buahan Segar

Buah-buahan yang tinggi kandungan airnya, seperti semangka, mangga, jeruk, dan anggur bisa dijadikan menu takjil untuk anak-anak. Dengan makan buah segar, energi yang hilang bisa dikembalikan dan bisa bantu menyegarkan tubuh anak. Selain itu, ketika akhirnya makan besar untuk berbuka puasa, perut mereka tidak "kaget".

3. Kurma, Susu, Jus Buah, dan Sup Bisa Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Kurma yang manis dan kaya serat memang cocok untuk dijadikan menu takjil. Susu atau jus buah juga bisa dijadikan pilihan untuk dinikmati saat berbuka puasa. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah puasa seharian, anak-anak bisa minum sup daging ayam atau sup iga sapi.

Makanan yang terlalu berminyak, berlemak, pedas, dan asam sebaiknya tidak diberikan pada anak saat sahur dan berbuka. Batasi juga konsumsi aneka makanan atau kudapan yang terlalu tinggi kandungan gula dan garamnya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading