Sukses

Parenting

3 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Hamil Tua

Fimela.com, Jakarta Saat sudah hamil tua atau usia kehamilan memasuki trimester ketiga, tubuh akan terasa gampang capek. Tapi semakin dekat dengan hari perkiraan lahir, olahraga tetap perlu dilakukan demi proses persalinan yang lancar.

Beberapa jenis olahraga ringan bisa dilakukan saat hamil tua. Seperti tiga jenis olahraga ini yang bisa dilakukan untuk kelancaran persalinan. Simak selengkapnya di sini.

Jalan Kaki Santai

Penting untuk melakukan sedikit kardio selama kehamilan. Dilansir dari shesaid.com, jalan kaki bisa bantu menurunkan stres fisiologis dan membantu melancarkan proses persalinan. Coba luangkan waktu untuk jalan kaki santai keliling taman atau keliling blok. Ada baiknya untuk jalan kaki di area hijau untuk membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar. Coba untuk jalan kaki dengan interval 10 menit hingga 30 menit atau sesuai kemampuan.

Menggerakkan Tubuh di Dalam Air

Dengan tubuh yang makin berat dan bengkak di beberapa anggota badan, menggerakkan tubuh di dalam air bisa bantu merilekskan otot-otot tubuh. Bisa juga dengan cukup merendam kaki di dalam air untuk meredakan nyeri dan bengkak. Jika melakukan olahraga di dalam air sebaiknya ada yang mengawasi atau mendampingi, ya.

Prenatal Yoga

Prenatal yoga adalah salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan di trimester akhir kehamilan. Jenis yoga ini tak hanya membantu menyiapkan tubuh untuk melahirkan secara fisik tapi juga mental. Setelah melakukan yoga, tubuh akan terasa lebih riles dan pikiran tidak lagi stres. Latihan pernapasan selama yoga akan sangat membantu proses persalinan.

Kunci penting dalam memilih jenis olahraga saat hamil tua adalah pilih yang simpel dan pendek. Selalu cukup kebutuhan air, jangan sampai dehidrasi saat olahraga. Olahraga bisa dilakukan setiap dua hari sekali sesuai kebutuhan. Ada baiknya juga konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mendapat panduan dan arahan yang lebih tepat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips untuk Ibu Hamil Jalani Trimester Pertama dengan Nyaman
Artikel Selanjutnya
Hamil Tapi Tidak Mengalami Morning Sickness, Apakah Normal?