Sukses

Parenting

5 Tips Merawat Kulit Balita agar Tetap Sehat

ringkasan

  • Gunakan Air Hangat
  • Oleskan Pelembap
  • Izinkan Anak Bermain di Luar

Fimela.com, Jakarta Merawat kulit balita agar tetap sehat sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya saja kadang kita tak benar-benar memberi perhatian khusus pada hal ini. Padahal organ terbesar tubuh manusia adalah kulit. Maka, menjaga kulit balita tetap sehat menjadi salah satu upaya penting untuk menjaga kesehatan seluruh tubuhnya.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk merawat kulit balita agar tetap sehat. Bisa dimulai dari rutinitas mandi. Untuk selengkapnya, langsung saja simak lima tipsnya di bawah ini.

1. Gunakan Air Hangat

Mandi merupakan hal wajib yang harus dilakukan secara rutin. Mandi dua kali sehari sudah cukup jadi perawatan rutin untuk melindungi balita dari bakteri. Gunakan sabun yang lembut dengan pH 4,5-5 yang cocok untuk kulit si kecil. Sabun yang lembut dengan pH yang seimbang untuk balita bisa membantu menjaga kelembutan tekstur kulitnya.

2. Oleskan Pelembap

Setelah anak selesai mandi, kita bisa mengoleskan pelembap pada kulitnya. Gunakan pelembap khusus bayi untuk mencegah kulit kering. Penggunaan bedak sebaiknya tidak terlalu banyak, cukup diaplikasikan tipis saja bila perlu. Hindari bedak yang mengandung bahan paraben.

 

 

3. Izinkan Anak Bermain di Luar

Dilansir dari guardian.ng, anak perlu bermain di luar karena sinar matahari bisa mengoptimalkan asupan vitamin D untuk tulang dan gigi yang lebih kuat serta meningkatkan kekebalan tubuh dan perkembangan motoriknya. Anak yang tak mendapat paparan sinar matahari, kulitnya akan pucat dan tidak sehat. Upayakan anak bermain di luar pada pagi hari saat sinar matahari tidak terlalu terik. Jika bermain pada siang hari di tengah panas yang terik, bisa oleskan tabir surya yang aman untuk kulit balita untuk melindungi kulitnya dari terbakar.

4. Pijat Tubuh Anak dengan Baby Oil atau Olive Oil

Tak harus dilakukan setiap hari, bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu. Dilansir dari stylecraze.com, memijat tubuh anak dengan minyak zaitun (olive oil) sebelum mandi bisa membantu menjaga kesehatan kulitnya. Minyak zaitun diyakini memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan rambut. Jika tak ada minyak zaitun, kita bisa menggunakan baby oil untuk memijat tubuh anak. Memijat tubuh bayi dengan baby oil bisa dilakukan setelah selesai mandi dan dapat dilakukan setiap hari.

5. Berikan Makanan Bernutrisi

Menjaga kesehatan kulit balita bisa juga diupayakan dari asupan gizi dan nutrisinya. Penuhi kebutuhan protein, serat, zat besi, dan kalsium sebagai bagian dari cara efektif merawat kulit balita agar tetap sehat. Selain itu, kebutuhan tidur yang cukup juga sangat penting bagi anak agar kulitnya bisa tetap sehat.

Itu tadi beberapa tips untuk merawat kulit balita agar tetap sehat. Bila punya tips tambahan atau cara-cara efektif lain, boleh lho berbagi infonya di sini juga. Semoga bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Catat, Hanya 4 Minuman Ini yang Boleh Diminum Anak Usia Balita!