Sukses

Parenting

5 Buah yang Sebaiknya Mom Hindari Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Buah menjadi salah satu asupan gizi dan nutrisi yang penting buat tubuh. Buah mengandung vitamin dan berbagai nutrisi yang mampu membantu tubuh bugar, sehat dan jauh dari berbagai risiko penyakit.

Buat Sahabat Fimela yang sedang hamil, mengonsumsi buah adalah hal yang penting dilakukan. Ini demi menjaga kesehatan tubuh pribadi maupun kesehatan janin di kandungan. Nutrisi yang terkandung dalam buah dipercaya bisa meningkatkan tumbuh kembang janin dengan baik di kandungan.

Namun, meski buah-buahan sangat baik untuk ibu hamil. Melansir dari laman parenting.firstcry.com, ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Konsumsi buah-buahan ini selama kehamilan dikhawatirkan bisa membahayakan kesehatan Mom maupun janin di kandungan. Inilah beberapa buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil.

Buah yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Anggur

Buah pertama yang sebaiknya dihindari adalah anggur. Anggur mengandung senyawa resveratol yang bisa menjadi racun bagi kehamilan. Konsumsi anggur yang tidak dicuci atau dikupas dulu juga meningkatkan risiko mual, diare bahkan bahaya lain mengingat masih adanya senyawa pestisida di kulit anggur.

Nanas

Buah selanjutnya yang tak boleh dikonsumsi berlebihan selama kehamilan adalah nanas. Nanas mengandung bromelain, enzim yang bisa melunakkan dinding serviks dan meningkatkan risiko kontraksi dini bahkan keguguran.

 

Pisang

Kita tentu tak pernah menyangka jika pisang termasuk buah yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Kalau pun makan buah pisang, usahakan makan secukupnya saja yakni tak lebih dari 2 buah setiap harinya. Pisang mengandung zat yang mirip dengan lateks dan menyebabkan alergi. Pisang juga mengandung glukosa cukup tinggi sehingga berbahaya buat ibu hamil dengan kondisi diabetes.

Asam

Buah asam juga menjadi buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Kandungan vitamin C yang tinggi pada asam bisa menekan produksi progesteron dalam tubuh. Kadar progesteron yang rendah bisa mengakibatkan keguguran, kelahiran prematur bahkan kerusakan sel pada janin.

Semangka

Semangka adalah buah yang menyehatkan dan disukai oleh semua orang. Semangka juga mampu menghidrasi tubuh dengan baik. Sayangnya, konsumsi semangka selama kehamilan apalagi dengan porsi berlebihan sangat tidak dianjurkan. Konsumsi semangka selama hamil dikhawatirkan bisa membaghayakan janin karena sifat semangka yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Itulah beberapa buah yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Meski perlu dihindari, Sahabat Fimela masih boleh mengonsumsi buah-buah di atas dalam porsi cukup atau tidak berlebihan. Konsultasikan asupan nutrisimu pada dokter ataun bidan kandunganmu demi menutrisi tubuh dan janin sebaik mungkin.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Stres saat Hamil Beri Pengaruh Buruk pada Perkembangan Otak Bayi
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Kehamilan yang Dapat Terasa sebelum Telat Haid