Sukses

Parenting

4 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Ponsel

ringkasan

  • Dampingi Anak saat Menggunakan Ponsel
  • Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan
  • Beri Jadwal Khusus Bermain Ponsel

Fimela.com, Jakarta Ketika anak sudah kecanduan ponsel, sulit rasanya untuk langsung menghentikannya. Anak pun bisa makin rewel bila dilarang untuk menggunakan ponsel. Setiap saat anak tak bisa lepas dari ponsel, bahkan semua aktivitasnya hanya terpusat pada ponsel. Bila sudah begini, apa yang harus kita lakukan?

Dilansir dari momscove.com, menrut panduan American Academy of Pediatrics, bayi di bawah 18 bulan sebaiknya tak diperkenalkan dengan media kecuali untuk keperluan video call. Hal ini memang jadi tantangan tersendiri sebab seringkali kita menggunakan ponsel sebagai alat untuk membuat anak tenang. Tapi bila sudah telanjur jadi kebiasaan buruk, kecanduan ponsel bisa berdampak buruk pada tumbuh kembangnya. Lalu bagaimana cara mengatasi anak kecanduan ponsel? Berikut tips-tips yang bisa dicoba.

1. Dampingi Anak saat Menggunakan Ponsel

Sebaiknya jangan mengaktifkan internet pada ponsel atau menyambungkannya pada Wifi. Anak bisa "belajar" sangat cepat mengoperasikan ponsel dengan internet. Sebab anak-anak selalu dipenuhi rasa ingin tahu sehingga mereka bisa sangat sulit lepas dari ponsel saat tahu bahwa ada banyak hal baru yang bisa mereka akses dari ponsel tersebut. Selalu dampingi anak dalam penggunaan ponsel. Bila menggunakan media yang diambil dari internet, unduh lebih awal dan simpan dalam ponsel sehingga saat ponsel digunakan tak perlu lagi menggunakan internet.

2. Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan

Anak-anak zaman sekarang bisa sangat mudah kecanduan ponsel dan sulit diajak bermain di luar ruangan. Kita tak bisa langsung menyuruh anak begitu saja bermain di luar ruangan. Kita perlu ikut bermain dengannya dan mendampinginya. Sebab seringkali yang membuat anak malas bermain di luar adalah karena merasa tak ada teman. Libatkan anak pada aktivitas-aktivitas positif yang dapat membuat mereka sibuk sehingga bisa melupakan sejenak aktivitas dengan ponsel.

 

 

3. Beri Jadwal Khusus Bermain Ponsel

Bila sudah kecanduan, anak akan kesulitan untuk langsung lepas sepenuhnya dari ponsel. Dilansir dari womennow.in, kita bisa mengajak anak bicara dan memutuskan bersama soal batas waktu bermain ponsel. Misalnya, baru boleh bermain ponsel selama 30 menit setelah selesai makan malam. Selama anak bermain atau mengoperasikan ponsel, kita perlu selalu berada di dekatnya.

4. Paparkan Fakta tentang Dampak Negatif Kecanduan Ponsel

Kita bisa membacakan artikel atau informasi dari buku mengenai dampak negatif berlebihan bermain dengan ponsel pada anak. Paparkan fakta dan informasi yang akurat pada anak agar anak bisa lebih mengerti dan lebih mudah mencerna situasi yang ada. Di sini kita juga perlu menjadi contoh atau panutan soal penggunaan ponsel yang bijak. Jika dalam sehari-hari kita punya kebiasaan berlebihan dalam menggunakan ponsel, anak pun akan sangat mudah menirunya.

Mengatasi anak kecanduan ponsel jelas menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua zaman sekarang. Semoga tips-tips di atas bisa jadi referensi bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tanda Orangtua Sudah Mengajarkan Kebiasaan Baik dan Benar pada Anak
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Orangtua Tak Boleh Bohong pada Anak, Berapa Pun Usianya