Sukses

Parenting

4 Tips Menghadapi Anak Picky Eater agar Tidak Rewel Lagi soal Makanan

Fimela.com, Jakarta Anak yang picky eater atau yang selalu rewel soal makanan memang cukup sulit untuk dihadapi. Bisa sangat menyulitkan kita untuk memberi makanan bergizi dan bernutrisi seimbang padanya. Padahal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, kita perlu memberi makanan yang bergizi seimbang.

Supaya anak tidak lagi terlalu pemilih dan rewel soal makanan, ada beberapa cara yang bisa kita coba. Selengkapnya, langsung saja kita simak tipsnya di sini.

1. Makan Bersama di Satu Meja

Dilansir dari momscove.com, cara pertama yang bisa dicoba untuk menghadapi picky eater adalah dengan mengajakanya makan bersama. Bisa di satu meja dan makan di waktu yang sama. Dengan cara ini, anak bisa terdorong untuk mencoba makanan yang tadinya tidak dia sukai setelah melihat kita menikmatinya dengan lahap. Anak bisa meniru orang dewasa dengan mudah. Sehingga kita bisa langsung memberi contoh untuk makan sehat pada anak agar ia mau ikut makan yang sama.

2. Memberi Reaksi Positif pada Makanan yang Dikonsumsi

Saat makan, kita bisa memberi reaksi positif seperti, "Wah, ini enak sekali!" dan semacamnya. Reaksi positif yang kita tampilkan bisa membuat anak penasaran dan ingin ikut mencoba makanan yang kita santap. Saat anak, misalnya mulai mau mencoba brokoli yang tadinya sangat ia benci, kita perlu memberi reaksi positif dan pujian juga untuknya.

 

 

 

3. Menikmati Makanan Sambil Piknik

Kadang butuh suasana yang mendukung untuk membuat anak mau mencoba makanan yang tadinya tak ia sukai. Kita bisa menjadwalkan kegiatan seru seperti pergi piknik ke taman terdekat sambil membawa bekal. Dengan suasana yang berbeda dan suasana hati yang lebih menyenangkan, anak-anak mungkin tidak akan terlalu rewel lagi saat menikmati bekal yang dibawa.

4. Libatkan Anak pada Pemilihan Bahan Makanan

Kita bisa mengajak anak untuk ikut pergi berbelanja bahan-bahan makanan. Bisa juga mengajak anak untuk memasak bersama. Ketika anak dilibatkan dalam proses pembuatan makanan yang akan dimakan, anak akan lebih semangat untuk menikmati makanan tanpa pilih-pilih lagi.

Mencoba langsung tips-tips di atas mungkin tak akan semudah teorinya. Tapi tak ada salahnya dicoba, atau mungkin Sahabat Fimela punya tips lain yang lebih efektif?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tanda Orangtua Sudah Mengajarkan Kebiasaan Baik dan Benar pada Anak
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Orangtua Tak Boleh Bohong pada Anak, Berapa Pun Usianya