Sukses

Parenting

Bentuk Pola Makan Sehat Anak Sejak Dini Melalui 6 Kebiasaan

Fimela.com, Jakarta Membiasakan pola makan sehat pada anak sangat baik dalam masa tumbuh kembangnya. Dengan makanan yang sehat, daya tahan dan kesehatan tubuh anak akan menjadi lebih kuat. Selain itu juga mendukung terciptanya pola makan sehat ketika dewasa.

Tidak mudah memang membiasakan pola makan sehat kepada anak. Namun, Nestle Indonesia mengajarkan enam kebiasaan baik yang mampu mengajak anak untuk menjalani pola makan sehat. Apa saja?

1. Beri asupan sesuai usia

1000 hari pertama kehidupan menjadi titik poin penting dalam kehidupan manusia. Bukan hanya ketika lahir namun sejak sebelum lahir. Sehingga ini penting sebagai tolak ukur apakah anak tersebut akan tumbuh dengan kualitas yang seperti apa. Setiap tahapan usia akan membutuhkan asupan dan jenis makanan yang berbeda. Jika pola pikir anak dinilai lebih dewasa dari umurnya, tetap berikan asupan sesuai dengan kebutuhan tubuh sang anak.

2. Konsumsi beragam makanan gizi seimbang

Setiap makanan memiliki manfaatnya masing-masing. Jangan terlalu menghalangi anak untuk mencoba beragam jenis makanan. Karena setiap makan mengandung banyak komponen, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

 

3. Mengatur porsi makan yang tepat

Dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan anjuran perihal pembagian porsi makan dalam satu piring. Sehingga porsi makan yang dikonsumsi anak menjadi lebih sehat dan seimbang. Dalam satu piring biasanya dibagi menjadi empat untuk kemudian diisi oleh karbohidrat, protein, sayuran, dan buah.

4. Konsumsi air putih

Ini menjadi kebiasaan yang sering dilupakan. Banyak anak yang pasti lebih suka minum minuman yang memiliki rasa. Padahal tubuh itu terdiri dari 70-80 persen cairan. 20 persen di antaranya bisa didapat dari sayur dan buah.

5. Aktif bermain

Bukan hanya karena pola hidup namun juga fasilitas bermain anak kini masih kurang. Sehingga sulit mengajak anak untuk bermain aktif. Perkembangan teknologi pun juga memengaruhi pola aktif bermain pada anak. Sebagai alternatif, orangtua bisa mengajak anak mencuci mobil hingga memasak untuk mengajak anak aktif bermain.

6. Menikmati makan bersama keluarga

Kesibukan membuat waktu makan bersama keluarga menjadi berkurang. Padahal di waktu makan menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan kebiasaan baik pada anak. Anak akan melihat cara orangtuanya makan dan kemudian ada keinginan untuk ikut mencoba. Selain itu, orangtua bisa menyisipkan banyak pesan penting kepada anak selama waktu makan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini!

Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: Mengajari Pola Makan Sehat pada Anak Melalui Mindful Eating