Sukses

Parenting

Setelah Menikah, Berapa Lama Waktu Ideal untuk Memiliki Anak?

Fimela.com, Jakarta Momen pernikahan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap orang. Momen pernikahan juga menjadi momen yang penting bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan atau momongan. Mengenai mendapat momongan, sebenarnya berapa lama waktu ideal untuk memiliki momongan setelah menikah?

Melansir dari laman hellosehat.com, tak ada patokan khusus berapa lama pasangan bisa memiliki momongan atau anak setelah menikah. Ada pasangan yang setelah menikah langsung dikarunai anak, namun tidak sedikit pasangan yang harus menunggu dalam waktu cukup lama untuk memiliki anak di pernikahannya.

Mengenai keputusan memiliki anak, ada beberapa pasangan yang ingin cepat-cepat memiliki anak. Beberapa pasangan lainnya ingin menikmati waktu bersama tanpa memiliki anak dulu.

Kapan Waktu Ideal Memiliki Anak Setelah Menikah?

Melansir dari laman bravotv.com, Biro Sensus Amerika Serikat dan Centers for Disease Control menemukan jika usia paling populer perempuan saat menikah di dunia adalah 26 hingga 29 tahun. Ada juga beberapa perempuan yang menikah di usia bawah 26 dan usia di atas 29.

Bagi perempuan yang berusia 26 hingga 29 tahun, waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk hamil atau memiliki anak setelah menikah adalah 4 sampai 6 bulan. Waktu ini dinilai ideal karena secara fisik pun psikis, perempuan usia 26 - 29 sudah matang untuk memiliki anak.

Julienne Derichs, seorang konselor profesional klinis berlisensi yang biasa menangani masalah pasangan dan pernikahan dengan pengalaman selama 22 tahun mengatakan, “Semakin muda usia pasangan menikah (usia 18 hingga 24 tahun), mereka bisa menunggu waktu lebih lama untuk memiliki anak setelah menikah. Tapi ketika usia pasangan semakin tua di atas 25 tahun, sebaiknya jangan menunggu waktu terlalu lama untuk memiliki anak. Jarak dua tahun dianggap cukup untuk memantapkan hati memiliki anak.”

Buat pasangan yang ingin segera memiliki anak atau hamil setelah menikah, usahakan untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Perbaiki lagi pola hidup sehari-hari. Miliki istirahat cukup dan hindari stres. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
15 Pola Hidup Sehat yang Harus Dilakukan Saat Merencanakan Kehamilan
Artikel Selanjutnya
Mengetahui Usia Terbaik Perempuan untuk Hamil