Sukses

Parenting

Fimela Fest 2019: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menyekolahkan Anak

Fimela.com, Jakarta Salah satu tugas orangtua kepada si kecil ialah mencari sekolah terbaik. Tentu ada beberapa hal-hal penting yang harus diperhatikan, termasuk usia anak

Walau, Psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum M.Psi. MHPEd mengatakan bahwa tidak ada batasan umur untuk menyekolahkan anak. Namun, orangtua bisa memperhatikan apakah anak sudah mandiri.

 "Anak sudah mulai mandiri tidak tergantung pada orangtua. Seperti sudah mulai makan sendiri,” ujar Rosidiana di Jakarta. 

Menurut Rosdiana, yang terpenting bukanlah berapa umur anak melainkan sekolah seperti apa yang akan dipilih sebagai tempat untuk anak belajar.

"Kalau yang cuma duduk nulis, itu sebaiknya jangan. Berapa jauh dari rumah, karena kalau kejauhan kasihan, aman apa enggak sekolahnya secara fisik karena kan si anak kalau masih dua tahun enggak bisa berbuat apa-apa," paparnya.

Tahapan belajar

Rosdiana menambahkan jika setiap anak memiliki tahapan belajar yang berbeda, untuk mengajarkan sesuatu yang baru harus disesuaikan dengan usia sang anak.

"Mereka belajar harus sesuai dengan usia, jangan umur tiga tahun disuruh belajar baca.  Harusnya kan menumbuhkan minat baca itu dulu bukan bisa baca. Ini akan membuat mereka berpikir bahwa baca bukan sesuatu yang menyenangkan malah menakutkan," tutup Rosdiana.

Fimela akan mengajakmu mengatahui lebih dalam tentang pola asuh anak dengan mindful parenting dalam gelaran FIMELA FEST 2019. Acara tahunan ini akan berlangsung pada tanggal 11-17 November 2019 di Gandaria City.

Akan hadir Melly Amaya Kiong dalam talkshow bertajuk "Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern”. Melly Amaya Kiong adalah praktisi mindful parenting yang telah menerbitkan beberapa buku tentang pola pengasuhan anak mengutamakan kedekatan emosional.

Ingin tahu lebih banyak tentang mindful parenting? Daftarkan dirimu segera di sini dan dapatkan kesempatan untuk hadir di FIMELA FEST 2019.

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: 5 Resep Menu Makan Malam Vegan yang Lezat
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: Sakit, Selena Gomez Sempat Jadi Korban Body Shaming