Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: 7 Tips Terbaik Membuat Anak Disiplin di Era Modern

Fimela.com, Jakarta Membuat anak menjadi pribadi yang disiplin menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua, terutama di era modern ini. Cara orangtua untuk menjadikan anak mereka sebagai pribadi yang disiplin juga beragam, ada yang memilih bicara baik-baik, ada memilih cara hukuman.

Pada akhirnya, cara orangtua membuat anak menjadi pribadi yang disiplin akan berpengaruh pada cara mereka menerima pesan tersebut. Dilansir dari sheknows.com, Selasa (29/10/2019), berikut ini adalah beberapa tips terbaik membuat anak disiplin di era modern, penasaran?

1. Memberi hukuman

Hukuman tidak harus menyuruh anak tinggal di rumah selama berhari-hari, ini akan menunjukkan bahwa mereka melakukan suatu kesalahan yang membuat hidup berhenti dan cara ini tidak benar. Coba mulailah dengan mencegah anak melakukan hal yang mereka sukai, sehingga mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dengan cara yang positif.

2. Menyingkirkan mainan anak

Menyingkirkan mainan anak akan memberi mereka pelajaran. Dengan menyingkirkan mainan anak, kamu sebagai orangtua akan mengajarkan tentang tanggung jawab, kedewasaan, dan empati kepada anak.

3. Berbicara dengan tegas pada anak

Bicara dengan anak berarti membuat percakapan dua arah. Tunjukkan rasa hormat dan empatimu saat mendengarkan mereka, sehingga anak juga akan melakukan hal yang sama ketika kamu bicara.

4. Memberi tugas sebagai konsekuensi

Untuk membuat anak menyadari akibat dari perilaku mereka, beri mereka tugas yang harus diselesaikan. Cara ini terbukti efisien membuat anak menjadi pribadi yang disiplin di berbagai penelitian.

 

5. Jangan mengabaikan anak

Jika anak bertingkah aneh, bisa jadi mereka sedang meminta perhatianmu. Tidak bijaksana untuk mengabaikan emosi anak yang sebenarnya berusaha meminta bantuan.

6. Puji hal-hal yang dilakukan anak dengan benar

Penguatan positif itu penting. Jangan terus mengungkit kesalahan anak, puji juga jika mereka melakukan hal-hal dengan benar.

7. Memberi anak batas waktu

Menerapkan batas waktu pada anak juga penting dan efektif. Penetapan batas waktu bekerja sama efektifnya seperti memberi hukuman ringan pada anak.

Ingin tahu lebih banyak hal tentang cara mendidik anak? Jangan lewatkan talkshow “Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern” bersama Melly Amaya Kiong di Gandaria City pada hari Minggu (17/11/2019). Daftarkan dirimu sekarang juga di sini dan dapatkan kesempatan menghadiri langsung Fimela Fest 2019!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Jelang Liburan Akhir Tahun, Intip 50 Inspirasi Mainan Sebagai Hadiah untuk Anak
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Aktivitas Bermain Anak Tetap Seru Walau Hujan