Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Ketahui Usia Terbaik Anak untuk Meninggalkannya Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Jika kamu juga pernah bertanya-tanya hal yang sama, di usia berapa anak sebaiknya bisa ditinggalkan sendirian di rumah? Sebuah survei yang pernah dilakukan di tahun 2015 terhadap pekerja sosial mengungkapkan bahwa mayoritas orangtua berani meninggalkan anak mereka sendiri di rumah sejak usia 12 tahun, tanpa pengawasan siapapun.

Survei lainnya menonjolkan faktor pengabaian yang besar dari orangtua yang meninggalkan anak dengan usia 4 tahun, sendiri tanpa pengawasan di rumah. Presentasenya semakin menurun ketika usia anak semakin tua, seperti dilansir dari sheknows.com, Senin (4/11/2019).

Banyaknya perbedaan pendapat tentang usia anak yang tepat untuk ditinggal sendiri tanpa pengawasan di rumah membuktikan perlunya pedoman atau undang-undaang keselamatan terkait tentang pengawasan anak yang seragam. Hal ini juga diperlukan untuk melindungi anak dari bahaya yang mungkin terjadi ketika ditinggal sendiri tanpa pengawasan di rumah.

 

Di usia berapa anak bisa ditinggal sendiri di rumah tanpa pengawasan?

Tiga negara bagian yang telah memiliki undang- undang tentang usia minimum anak yang bisa ditinggal sendiri di rumah adalah Illiois, Maryland, dan Oregon. Ketiga negara bagian tersebut mengharuskan anak berusia minimum 14, 8, dan 10 tahun untuk bisa ditinggal tanpa pengawasan.

Jika kamu tidak tinggal di ketiga negara bagian tersebut, lantas apa yang harus dilakukan? Pertimbangkan tingkat kematangan anak dan seberapa baik anak tersebut menunjukkan kemampuan mereka merawat diri sendiri secara mental dan fisik.

Keraguan sedikit saja sebaiknya diartikan bahwa anak sama sekali belum siap untuk ditinggal sendiri di rumah tanpa pengawasan dari siapapun. Ingin tahu lebih banyak tentang cara mendidik anak yang tepat di era modern ini?

Jangan lewatkan talkshow “Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern” bersama Melly Amaya Kiong di Gandaria City, pada hari Minggu (17/11/2019) mendatang. Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELAA

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Destinasi Belanja Keperluan Anak Lebih Mudah dan Murah
Artikel Selanjutnya
Solusi Atasi Kecanduan Gadget pada Anak