Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Lakukan 4 Hal Ini Ketika Anak Flu

Fimela.com, Jakarta Flu bisa menyerang siapapun dan ya, yang paling merepotkan adalah ketika anak terserang flu, benar? Tanda-tanda paling umum dari anak yang terserang flu adalah hidung meler, sakit tenggorokan, badan terasa pegal-pegal, dan suhu tubuh yang tinggi.

Flu dan pilek biasanya disebabkan oleh virus. Perbedaannya adalah pilek biasanya terjadi secara perlahan, sedangkan flu seperti serangan mendadak.

Secara umum, gejala flu terjadi di seluruh tubuh, tidak hanya di kepala saja. Dilansir dari webmd.com, Jumat (8/11/2019), berikut ini adalah beberapa hal yang harus segera kamu lakukan ketika mendapati anak terserang flu.

1. Pergi ke dokter

Flu biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam satu minggu atau lebih, namun dalam beberapa kasus, flu dapat menyebabkan komplikasi serius. Anak berusia di bawah 5 tahun lebih cenderung mengalami masalah komplikasi, terutama mereka yang memiliki asma.

2. Mengelola gejalanya

Hal terpenting yang dibutuhkan anak ketika flu adalah istirahat dan cairan. Beberapa obat mungkin tidak aman dikonsumsi oleh anak, namun kamu masih bisa minta rekomendasi obat dari dokter untuk membantu menurunkan demam dan meredakan sakit yang dirasakan anak.

 

3. Mencari tahu tentang obat antivirus

Obat antivirus biasanya digunakan untuk mengobati flu dengan mencegah virus berkembang biak di dalam tubuh. Obat ini juga bisa membantu anak untuk mendapatkan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

4. Ketahui kapan kamu harus mendapatkan bantuan

Penting untuk memperhatikan tanda-tanda dari komplikasi flu. Jika anak demam tinggi selama lebih dari 48 jam dan tidak kunjung membaik, segera hubungi kembali dokter anak untuk penanganan yang lebih serius.

Ingin tahu lebih banyak tentang menjaga kesehatan di musim hujan ini? Jangan lewatkan Kelas Mempersiapkan Kesehatan Anak Menghadapi Musim Hujan bersama Dr Caessar Pronocitro Sp.A dan Ussy Sulistiawati di Gandaria City pada hari Minggu (17/11/2019). Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading