Sukses

Parenting

Bolehkah Mom Mengonsumsi Ikan Laut Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Ikan merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik untuk tubuh. Ikan kaya akan protein dan omega 3. Namun, selama kehamilan sebaiknya Mom memilih jenis ikan yang akan dikonsumsi. Usahakan agar tidak sembarangan mengonsumsi ikan karena ini dikhawatirkan bisa membahayakan kehamilan.

Melansir dari laman parents.com, pada dasarnya ibu hamil sangat disarankan untuk makan ikan selama kehamilan. Ikan yang kaya akan omega 3 dipercaya bisa menutrisi tubuh ibu dengan baik. Nutrisi pada ikan juga bermanfaat mencerdaskan otak anak di kandungan. Namun hanya beberapa jenis ikan tertentu saja yang boleh dikonsumsi saat hamil ya Sahabat Fimela.

Ikan yang Boleh Dikonsumsi Selama Kehamilan

Ada beberapa jenis ikan yang boleh dikonsumsi selama kehamilan. Ikan tersebut termasuk ikan lele, mujari, gurame, salmon dan segala jenis ikan dengan kandungan merkuri rendah. Jessica Crandall, seorang ahli nutrisi dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan, "Ibu hamil penting mendapatkan asupan protein dan zat besi yang cukup. Ikan adalah sumber protein dan zat besi yang baik. Hanya saja, tidak semua ikan baik dikonsumsi selama kehamilan. Ada beberapa ikan yang penting dihindari terutama ikan yang mengandung merkuri berlebih."

Para ahli mengungkapkan jika ikan yang mengandung merkuri bisa berbahaya buat kesehatan dan keselamatan janin di kandungan, Merkuri bisa merusak otak, ginjal dan perkembangan sistem saraf pusat janin. Merkuri juga bisa membawa racun yang mematikan buat janin.

Saat mengonsumsi ikan selama kehamilan, pastikan bahwa ikan telah dimasak hingga benar-benar matang. Cuci bersih ikan sebelum dimasak atau diolah. Pilih ikan yang rendah merkuri. Beberapa ikan yang harus dihindari selama kehamilan antara lain adalah kerapu, hiu, swordfish, king mackerel, buntal, striped bass, bigeye tuna, marlin, bluefish dan orange roughy. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Mengonsumsi Mie Instan?
Artikel Selanjutnya
Agar Tak Termakan Mitos, Ketauhi Pentingnya Pengetahuan Nutrisi Buat Calon Ibu