Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Cegukan Pada Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Cegukan pada bayi hal yang umum terjadi, bahkan saat bayi masih berada di dalam kandungan pun sudah mengalami cegukan. Cegukan dapat terjadi akibat terlalu banyak makanan yang masuk ke dalam perut si kecil. Dapat juga disebabkan oleh perubahan suhu pada perut si kecil.

Melansir dari Alodokter.com (8/12), apabila si kecil mengalami cegukan, Mom dapat melakukan beberapa cara berikut untuk meredakan cegukan pada si kecil.

Gendong Si Kecil pada Posisi Tegak

Jangan panik Mom, ketika si kecil mengalami cegukan. Mom, bisa menggendong si kecil dengan posisi tegak. Kemudian gosok-gosok dada si kecil perlahan dan halus. Mom dapat juga menepuk bagian punggung si kecil dengan pelan.

 

Perhatikan Posisi Botol Susu Saat Menyusui

Menyusui menggunakan botol susu, juga perlu diperhatikan. Pasalnya apabila posisi menyusui tidak tepat, dapat mengakibatkan cegukan pada bayi. Ketika menyusui, pastikan posisi botol dalam keadaan miring. Berikan susu dengan porsi sedikit namun dengan sering. Hal ini membantu si kecil terhindari dari cegukan.

Perhatikan Saat Memberikan Makan Pada si Kecil

Perlu diperhatikan pula ya Mom saat memberikan makan kepada si kecil. Usahakan posisi si kecil duduk berada di pangkuan. Hal ini dapat mengurangi masuknya angin ke dalam perut si kecil, serta menghindari risiko tersedak.

Ketika si kecil mengalami cegukan, jangan panik. Saat menangani cegukan, Mom sebaiknya tetap tenang, apabila gugup bisa-bisa salah penanganan. Jika cegukan tetap berlanjut sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

Well, tetap semangat dan selalu berhati-hati menjaga si kecil ya.

#GrowFearless with Mom

Loading