Sukses

Parenting

5 Bahan Makan yang Sebaiknya Dihindari Bayi di Tahun Pertamanya

Fimela.com, Jakarta Bayi sejak lahir mengonsumsi ASI yang diperoleh dari sang ibu. Seiring bertambahnya usia, anak membutuhkan nutrisi lebih untuk mendukung tumbuh kembangnya. Untuk itu, dibutuhkan makanan pendamping ASI atau yang dikenal dengan MPASI.

Untuk tahun pertamanya yang biasanya dimulai dari bulan ke-6, kamu bisa memberikan mereka beberapa bahan makanan sehat yang mengandung nutrisi tinggi. Ibu harus pintar memilih bahan makanan dan tekstur yang tepat untuk sang buah hari. Karena bayi memiliki sistem pencernaan yang halus dan tidak semua makanan cocok dengan mereka. Jika salah bisa menimbulkan alergi.

Untuk kamu para ibu baru, lima bahan makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi di tahun pertama mereka. Apa saja bahan makanan tersebut? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari situs Boldsky, Minggu (12/1/2020).

1. Madu

Madu mengandung spora bakteri Clostridium botulinum, yang jika dikonsumsi bayi dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, sembelit, nafsu makan yang buruk, dan infeksi bakteri. Ini sangat umum terjadi pada bayi di bawah usia 1 tahun.

 

2. Biji-bijian olahan

Biji-bijian utuh lebih padat nutrisi dibandingkan dengan biji-bijian olahan. Biji-bijian olahan kekurangan nutrisi penting seperti magnesium, serat makanan, kalsium, dan vitamin B yang dibutuhkan bayi selama tahun pertama. Biji-bijian utuh juga kaya akan senyawa bioaktif yang memodulasi mikrobiota usus dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Jadi hindari memberikan bayi kamu biji-bijian olahan.

3. Susu sapi

Menurut sebuah penelitian, pemberian susu sapi kepada bayi memiliki efek buruk pada kesehatan mereka. Susu sapi memiliki kandungan zat besi yang rendah yang membuat bayi sulit mendapatkan jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Selain itu, kalsium dan kasein yang ada dalam susu sapi menghentikan penyerapan zat besi non-heme makanan.

 

4. Jus buah

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan orang tua untuk menghindari jus buah 100 persen untuk bayi di bawah 6 bulan. Alasannya adalah jus tidak memberikan nutrisi pada bayi di tahun pertama mereka dan dapat menggantikan ASI.

5. Cokelat

Cokelat tidak boleh diperkenalkan kepada bayi di tahun pertama mereka karena mengandung susu padat yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak Anda. Makanan yang mengandung susu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun.

#GrowFearless with Fimela

;
Loading