Sukses

Parenting

Manfaat Menakjubkan dari Jambu Biji untuk Kesehatan Bayi

ringkasan

  • Jambu biji memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi
  • Kandungan dalam jambu biji bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi
  • Cara tepat membuat MPASI membuat jambu biji aman dan baik untuk kesehatan bayi

Fimela.com, Jakarta Pada saat bayi berusia 6 bulan, biasanya mereka sudah mulai diperkenalkand dengan makanan padat. Hal ini karena ASI tidak lagi cukup memberi nutrisi penting untuk perkembangan mereka. Sehingga makanan ini biasa disebut dengan Makanan pendukung ASI atau MPASI.

Untuk MPASI buah menjadi makanan terbaik karena kaya akan rasa dan sumber nutrisi. Seperti jambu biji, banyak ibu yang salah paham bahwa jambu biji tidak aman untuk bayi karena bijinya yang padat dapat mengganggu pencernaan. Padahal ibu bisa memperkenalkan jambu biji dan manfaatnya pada bayi mereka dengan cara yang tepat.

Jambu biji mengandung semua vitamin, mineral, dan senyawa yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang. Dalam 100 gram jambu biji mengandung 80,8 g air dan energi 68 kkal. Selain itu jambu biji juga mengandung 2,55 g protein, serat makanan 5,4 g, 18 mg kalsium, 228,3 mg vitamin C, 40 mg fosfor, 22 mg magnesium, 2 mg natrium, 417 mg kalium, 0,26 mg zat besi, 49 mcg folat, dan 31 mcg vitamin A bersama dengan vitamin lain seperti B1, B2 dan B3.

Mineral dan vitamin vital ini membantu perkembangan fisik dan otak bayi serta memberi mereka energi. Seperti dilansir dari situs boldsky, Selasa (7/1/2020), berikut beberapa manfaat menakjubkan dari jambu biji untuk kesehatan bayimu.

1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jambu biji mengandung sejumlah besar vitamin C yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan regenerasi sel pada bayi. Jambu biji mengandung vitamin C empat kali lebih banyak daripada jeruk.

2. Membantu perkembangan sistem saraf

Asam folat bermanfaat bagi bayi untuk membantu mencegah beberapa cacat lahir yang terkait otak dan tulang belakang seperti anencephaly. Ini sangat membantu pertumbuhan sistem saraf dan peredaran darah pada bayi.

3. Bermanfaat untuk mata sehat

Jambu biji kaya akan vitamin A, yang sangat penting untuk penglihatan yang baik. Kekurangan vitamin A pada bayi dapat menyebabkan xerophthalmia.

4. Mencegah kanker

Sifat antioksidan dari jambu biji membantu mencegah bayi dari risiko kanker. Ini juga membantu mencegah mereka dari penyakit yang diinduksi ROS seperti Alzheimer dan Parkinson dan gangguan lain seperti hiperoksia dan peradangan.

 

5. Bermanfaat untuk perkembangan otak

Biji jambu biji kaya akan asam lemak seperti linoleat dan fenolik, yang merupakan komponen kunci dalam perkembangan otak bayi dan formasi jaringan lainnya.

6. Membantu pencernaan

Jumlah kaya serat dalam jambu biji membantu meningkatkan pencernaan pada anak-anak dan mencegah sembelit dan radang usus buntu. Buah ini juga membantu selama diare dan disentri serta memperkaya produksi darah.

7. Membantu perkembangan tulang dan tulang rawan

Kalsium dan nutrisi lainnya dikemas dalam jambu biji yang membantu perkembangan tulang dan tulang rawan pada bayi.

 

Bahan dan cara membuat MPASI dengan jambu biji

Untuk memberikan jambu biji dengan tepat pada bayi, berikut langkah-langkah yang bisa para ibu lakukan di rumah untuk membuat smoothie jambu biji yang sehat untuk sang buah hati.

Bahan-bahan:

1 buah jambu biji1 buah musiman seperti strawberry, pisang, atau pir1 sendok makan madu atau gula

Cara membuatnya:

- Kupas jambu biji dan buah musiman lainnya lalu potong-potong.

- Buang biji dari buah-buahan tersebut.

- Masukkan potongan buah ke dalam wajan berisi air rebus hingga mendidih.

- Cek kelembutan buah dengan sendok garpu.

- Jika sudah lembut blender hingga halus.

- Tambahkan madu atau gula sesuai selera, lalu sajikan dengan mangkung bersih. Kamu siap memberikan makanan sehat ini pada bayimu.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Tahun Tikus Logam 2020 Diramal Jadi Tahun yang Baik Memiliki Anak
Artikel Selanjutnya
Trik Mulai Membiasakan Anak Tidur Sendirian