Sukses

Parenting

Manfaat Buah Kering dan Kacang-Kacangan untuk Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan, mengidam makanan tidak bisa dihindari, apa pun jenis makanannya. Dan selama periode hamil ini, membuat pilihan yang sehat adalah penting. Jadi, mengapa tidak memasukkan sesuatu yang sehat seperti buah-buahan kering dan kacang-kacangan ke dalam diet Anda untuk memastikan bahwa Anda dan bayi tetap sehat.

Sebagian besar buah-buahan dan kacang-kacangan kering seperti aprikot, buah ara, apel, kenari, almond, kismis, dan pistachio baik untuk wanita hamil karena kaya akan serat, antioksidan, vitamin dan mineral seperti kalsium, magnesium, besi, dan sebagainya.

Buah kering mengandung jumlah nutrisi yang sama dengan buah segar, kecuali kandungan airnya. Kacang-kacangan adalah makanan padat nutrisi, dan memakannya sedikit selama kehamilan akan membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Seperti dilansir dari situs Boldsky, Minggu (12/1/2020), berikut manfaat mengonsumsi buah kering dan kacang-kacangan untuk ibu hamil.

1. Mencegah sembelit

Buah kering dan kacang-kacangan kaya akan serat yang membantu mencegah sembelit, masalah paling umum yang dihadapi wanita selama kehamilan. Selama periode ini, banyak ketidakseimbangan hormon terjadi yang dapat menyebabkan sembelit. Buah-buahan kering juga merupakan sumber antioksidan polifenol.

 

2. Meningkatkan jumlah darah

Buah-buahan dan kacang-kacangan kering seperti kurma, almond, dan kacang mete mengandung banyak zat besi, mineral penting yang dibutuhkan selama kehamilan. Selama periode ini, tubuh memasok darah dan oksigen ke bayi Anda, sehingga dengan meningkatnya kebutuhan akan pasokan darah, kebutuhan akan kandungan zat besi dalam tubuh Anda juga meningkat.

3. Kontrol tekanan darah

Buah-buahan dan kacang-kacangan kering adalah sumber kalium yang baik, mineral penting yang membantu menstabilkan tingkat tekanan darah dan meningkatkan kontrol otot. Tekanan darah tinggi selama kehamilan memberikan terlalu banyak tekanan pada jantung dan ginjal, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau ginjal dan stroke.

 

4. Membantu mengembangkan gigi dan tulang bayi

Buah dan kacang kering menyediakan sejumlah besar vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak yang dibutuhkan untuk mengembangkan gigi dan tulang bayi. Ini juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik, menjaga penglihatan dan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

5. Memperkuat tulang

Buah kering dan kacang-kacangan adalah sumber kalsium yang sangat baik, yang diperlukan selama kehamilan. Saat Anda hamil, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak kalsium untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang Anda dan juga agar bayi Anda mengembangkan tulang dan gigi yang lebih kuat.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Pertanyaan Ibu Hamil Saat Mengunjungi Dokter Kandungan Pertama Kali
Artikel Selanjutnya
4 Tips yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Hamil Anak Laki-Laki