Sukses

Parenting

Tips Melatih Anak Agar Tidak Mengompol

Fimela.com, Jakarta Mengompol hal yang wajar dilakukan anak baru lahir hingga usia 3 tahun. Apabila di usia 3 tahun ke tas si kecil masih mengompol, segera ajarkan anak untuk membiasakan diri buang air kecil ke kamar mandi. Berikut ini tips yang bisa di lakukan Mom untuk melatih anak agar tidak mengompol.

Biasakan Buang Air sebelum Tidur

Ketika anak mengalami ngompol di malam hari, ada baiknya sebelum tidur Mom memastikan bahwa anak tidak minum terlalu banyak dan melatihnya untuk buah air terlebih dahulu. Apabila anak masih mengompol, berikan pengertian kepadanya bahwa mengompol itu tidak baik dilakukan, apablia merasakan ingin buang air sebaiknya segera pergi ke kamar mandi.

Latih Tidak Menggunakan Popok

Latih si kecil untuk tidak menggunakan popok saat memasuki usia 2 tahun ke atas. Gunakan perlak, saat anak tidak menggunakan popok ketika tidur malam hari. Ajarkan anak untuk selalu mengatakan kepada orang tua apabila ia merasakan ingin buang air.

Jangan Memarahi Anak

Jangan memarahi anak apabila masih mengompol saat malam hari. Terkadang mengompol bisa terjadi di alam bawah sadar anak. Atau sebagian tidak berani pergi ke kamar mandi sendirian. Alangkah baiknya jika Mom, menengok si kecil di tengah malam untuk memastikan bahwa si kecil terlelap ataukah merasakan buang air.

Berikan Perhatian Kepada Anak

Selain dengan cara di atas ada baiknya Mom memberikan perhatian pengertian kepada si kecil. Luangkan banyak waktu untuk melatih si kecil agar tidak mengompol. Apabila anak sudah tidak mengompol berikan ia pujian atau hadiah sederhana untuknya.

Ingat ya Mom, jangan marahi anak, karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. Bahkan apabila Mom memarahinya secara terus menerus, anak akan merasa stres.

#GrowFearless With FIMELA

;
Loading