Sukses

Parenting

5 Bahaya Kesehatan pada Anak Konsumsi Gula Berlebih

Fimela.com, Jakarta Makanan manis atau yang mengandung gula memang menjadi makanan yang sangat disukai oleh anak-anak. Makanan manis seperti permen, cokelat, minuman ringan dan kue menjadi makanan favorit sebagian besar anak.

Namun tahukah Mom, anak yang mengonsumsi gula berlebih setiap harinya bisa berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan serius. Ada banyak bahaya kesehatan yang mengancam anak ketika mereka terbiasa konsumsi gula di kehidupan sehari-harinya.

Melansir dari laman parents.com, sedikitnya ada 5 bahaya yang sangat mengancam anak. Apa saja?

Bahaya Anak Konsumsi Gula Berlebih

Masalah Kesehatan Gigi

Bahaya pertama adalah anak rentan mengalami masalah kesehatan gigi. Gigi berlubang, gigi keropos dan masalah lainnya sangat berisiko tinggi ketika anak terbiasa konsumsi gula atau makanan mengandung gula.

Depresi

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, Gangwich menyebutkan jika anak yang terbiasa konsumsi gula berlebih rentan terhadap depresi. Anak ini juga sangat mungkin menjadi pribadi yang mudah marah atau emosi. Tidak sedikit anak dengan konsumsi gula berlebihan sering tantrum.

Mudah Lapar

Bahaya selanjutnya adalah anak mudah lapar. Konsumsi gula berlebih bisa menghambat hormon leptin di mana hormon ini berfungsi sebagai sinyal bahwa seseorang telah kenyang. Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko anak mudah lapar meski telah makan dalam jumlah banyak.

 

Obesitas hingga Diabetes

Obesitas

Anak-anak yang sering konsumsi gula berlebih juga sangat rentan terhadap obesitas. Jika anak sudah mengalami obesitas di usianya yang dini, berbagai risiko penyakit mematikan akan lebih tinggi saat mereka dewasa.

Diabetes

Para peneliti menemukan jika gula bisa meningkatkan risiko diabetes. Anak yang konsumsi gula berlebih memiliki risiko menderita diabetes lebih besar dari anak yang konsumsi gula secukupnya setiap harinya.

Itulah beberapa bahaya yang mengancam kesehatan anak ketika mereka mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih. Agar bahaya ini tidak mengancam anak, pastikan untuk membatasi asupan gula anak. Ajarkan anak menerapkan pola hidup sehat usianya sedini mungkin dengan memberi contoh bagaimana hidup sehat itu. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Demam Pada Anak
Artikel Selanjutnya
Bukti Studi, Anak Merasa Lebih Percaya Diri Setelah Bermain di Luar Rumah