Sukses

Parenting

Menyimpan Susu Formula di Kulkas, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

ringkasan

  • Tak Lebih dari Satu Jam setelah Pembuatan
  • Bisa Disimpan dalam Kulkas selama 24 Jam
  • Buang Susu Formula yang Tersisa di Botol

Fimela.com, Jakarta Menyiapkan susu formula untuk anak butuh kehati-hatian. Selain kebersihan botol dan cara membuat susu formula yang tepat, kita juga perlu lebih berhati-hati bila akan menyimpannya di dalam kulkas. Ada beberapa hal penting yang perlu diperlukan lagi.

Melansir 6 Useful Tips To Store Formula Milk For Your Baby via momjunction.com, dalam suhu ruang, susu formula perlu segera diberikan pada si kecil tak lebih dari 15 menit setelah dibuat. Namun, bila dalam situasi tertentu kita perlu menyimpannya dalam kulkas, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Tak Lebih dari Satu Jam setelah Pembuatan

Susu formula yang baru dibuat perlu segera disimpan di dalam kulkas tak lebih dari satu jam setelah dibuat. Untuk susu formula yang sudah dibuat dan telah dibiarkan lebih dari satu jam di suhu ruang, sebaiknya tak dikonsumsi dan tidak disimpan lagi dalam kulkas.

2. Bisa Disimpan dalam Kulkas selama 24 Jam

Lama penyimpanan susu formula di dalam kulkas sebaiknya tak lebih dari 24 jam. Jika sudah lebih dari 24 jam, susu formula sebaiknya dibuang dan tidak diberikan pada buah hati. Selain itu, sebelum memberikan susu formula pada si kecil, selalu cek kondisi susunya.

3. Buang Susu Formula yang Tersisa di Botol

Ketika anak minum susu formula dan masih ada sedikit sisa susu di botolnya, sebaiknya sisanya tersebut segera dibuang saja. Untuk kebaikan dan keamanan si kecil, sisa susu ini jangan disimpan dalam kulkas.

4. Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Melansir parenting.firstcry.com, cara terbaik untuk menyimpan botol susu steril adalah dalam wadah kedap udara. Setelah susu formula dibuat dan dimasukkan ke dalam botol, masukkan ke dalam wadah kedap udara, baru simpan dalam kulkas.

5. Bila Susu Akan Dihangatkan Kembali, Tak Perlu Sampai Mendidih

Bila akan menghangatkan kembali susu formula, sebaiknya jangan sampai mendidih. Suhu susu formula yang terbaik adalah yang hangat suam-suam kuku. Kita bisa menyiapkan saucepan, lalu tuang susu dan rebus sebentar sampai hangat.

Itu tadi beberapa hal penting yang perlu diketahui dalam menyimpan susu formula di kulkas. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading