Sukses

Parenting

Membaca Nyaring untuk Anak, Simak 5 Manfaat Terbaiknya

Fimela.com, Jakarta Membaca nyaring untuk anak merupakan salah satu hal penting yang bisa kita lakukan untuk membantunya memiliki kemampuan membaca yang baik. Mendongeng dengan suara lantang atau membacakan cerita dengan suara lantang untuk anak bisa memberi banyak manfaat.

Melansir blog.allaboutlearningpress.com ada beberapa manfaat besar yang bisa didapat anak saat kita mendongeng atau membacakan cerita dengan nyaring padanya. Membacakan nyaring dengan rutin untuk anak pun sangatlah disarankan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari kegiatan membaca nyaring untuk anak.

1. Meningkatkan Rasa Cinta Membaca

Bila kita sering membacakan cerita dengan suara nyaring untuk anak sejak dini, besar kemungkinan anak akan cinta membaca saat tumbuh dewasa. Dengan kenangan kegiatan membaca yang menyenangkan, anak akan merasa nyaman ketika disuguhi bacaan dan berbagai buku dalam kesehariannya.

2. Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak

Tak perlu terlalu memaksakan membacakan cerita yang langsung panjang pada anak. Bisa mulai membacakan cerita secara nyaring selama sepuluh menit terlebih dahulu. Saat anak sudah bisa bertahan menjaga konsentrasinya dalam periode tersebut, kita bisa lanjut membacakan cerita yang lebih panjang. Daya konsentrasi yang baik akan sangat membantu anak dalam menerima pelajaran di sekolahnya kelak.

 

3. Membantu Perkembangan Bahasa Anak

Saat anak mendengar ketika kita membacakan cerita dengan nyaring, kemampuan bahasa mereka bisa lebih kuat. Kemampuan penggunaan bahasa, pelafalan, dan bertata bahasa mereka bisa lebih baik. Jumlah kosakata yang mereka miliki juga dapat meningkat.

4. Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Saat kita membacakan cerita pada anak, anak akan memvisualisasikan isi dan adegan yang ada di buku dalam benak mereka. Anak bisa mengalami kejadian dan situasi yang ada di luar pengalaman pribadinya. Membayangkan belahan dunia lain dan budaya lain, daya imajinasi anak bisa meningkat. Selain itu, kemampuan anak merangkai cerita pun bisa lebih baik ke depannya.

5. Meningkatkan Kedekatan dengan Anak

Dalam kegiatan mendongeng atau membacakan cerita dengan suara nyaring bersama anak, kedekatan akan semakin kuat. Ikatan yang lebih dekat dan intim bisa semakin kuat. Pengalaman menghabiskan waktu bersama menikmati sebuah cerita atau dongeng dapat menjadi kenangan indah.

Jadi, apakah hari ini sudah meluangkan waktu untuk mendongeng atau membacakan cerita dengan suara nyaring untuk anak? Semoga info ini bermanfaat dan makin meningkatkan semangat untuk bisa memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang buah hati tercinta.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading