Sukses

Parenting

Hal Penting yang Harus Diketahui Tentang Bayi Baru Lahir

Fimela.com, Jakarta Kelahiran sang buah hati memang menjadi penantian panjang saat mengandung selama 9 bulan lamanya. Sebelum melahirkan pastinya akan menyiapkan keperluan buah hati mulai dari pakaian, tempat tidur, dan peralatan bayi lainnya. Sangat menyenangkan bila si kecil telah lahir di dunia dengan sehat.

Namun tidak semudah yang dibayangkan ya. Latihan mengurus bayi yang baru lahir memang perlu dilakukan. Di awal kelahiran mungkin masih sedikit bingung untuk merawat bayi, karena belum terbiasa dengan kondisi ini. Berikut ini beberapa tips yang harus diketahui tentang bayi baru lahir.

Menggendong Bayi

Menggendong dan menimang si kecil pasti menyenangkan. Tapi sebelum si kecil lahir ada baiknya belajar terlebih dahulu bagaimana cara menggendong bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir tentunya memiliki tubuh yang masih sangat lemah. Oleh karenanya harus berhati-hati ketika menggendongnya.

Menyusui

Memberikan ASI kepada si kecil memang penting dan harus dilakukan. Perhatikan tangisan si kecil, yang menandakan ia merasa lapar. Pada umumnya pemberian ASI pada si kecil tidak ada aturan khusus, volume lambung si kecil yang masih kecil membuat bayi sedikit minum namun dengan jangka yang sering.

Rutin Mengganti Popok Bayi

Ketika si kecil ngompol pastikan segera mengganti popoknya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan intim bayi. Usahakan untuk membersihkan dengan kain yang lebit, kering dan bersih. Selain itu menjaga kebersihan bagian intim juga dapat menghindarkan bayi terkena iritasi.

Merawat Tali Pusar

Tali pusar pada bayi yang baru saja lahir, tidak mungkin akan terlepas secara langsung. Tali pusar akan terlepas dengan sendirinya beberapa setelah kelahiran. Perlu di perhatikan ketika merawat tali pusar si kecil yang masih menempel. Baiknya Mom memandikan si kecil dengan air hangat, gunakan kain bersih dan lembut untuk membersihkan badan si kecil. Mengelap pusar dengan air hangat dapat menghindari si kecil terkena infeksi. Jadi perhatikan betul kebersihan kain yang digunakan.

Berjemur

Sering melihat, sebagian besar orang akan mengajak buah hatinya berjemur ketika pagi hari. Ternyata hal ini memiliki manfaat untuk si kecil, selain mendapatkan udara segar, bayi juga akan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk membantu menguatkan tulangnya yang masih lemah. Tetapi juga harus memerhatikan lingkungan, jika kondisi lingkungan yang kurang sehat baiknya, jauhkan bayi pada paparan udara kotor.

Bersiap dengan Jam Tidur Bayi

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki jam istirahat yang berbeda denganmu. Bayi akan mudah bangun ketika di malam hari saat jam Mom untuk istirahat dan bayi akan lebih menghabiskan waktu untuk tidur di saat Mom melakukan aktivitas. Hal ini membuatmu perlu istirahat yang cukup.

Latihan untuk mengurusa bayi yang abru lahir, biasanya dapat dilakukan di klinik bersalin atau rumah sakit. Selain itu Mom dapat belajar dari orang tua yang lebih berpengalaman sebelumnya saat merawat Mom amsih kecil. Tetap berhati-hati ya, saat mengurus si kecil untuk pertama kalinya, semoga tips ini bermanfaat.

#Changemaker

Loading