Sukses

Parenting

4 Jenis Minuman yang Sebaiknya Dihindari Ibu setelah Melahirkan

ringkasan

  • Minuman Fermentasi
  • Kopi
  • Minuman Bersoda

Fimela.com, Jakarta Setelah berjuang melahirkan, tubuh kita akan mengalami penyesuaian lagi. Sembilan bulan mengandung, ada banyak hal yang berubah dalam tubuh kita. Bahkan pola makan kita pun berubah. Kini, setelah melahirkan dan menyusui, ada baiknya kita tetap berhati-hati dalam menjaga pola makan.

Menjaga pola makan bisa diawali dengan lebih hati-hati dalam memilih jenis minuman. Melansir babygaga.com, ada empat jenis minuman yang sebaiknya dihindari ibu yang baru saja melahirkan. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Minuman Fermentasi

Minuman fermentasi seperti kefir dan kombucha diyakini sangat baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan kita karena kandungannya yang kaya probiotik. Namun, minuman tersebut sebaiknya dihindari setelah melahirkan. Kenapa? Mengonsumsi minuman fermentasi berlebihan dapat menyebabkan kantuk dan pada beberapa kasus bisa menyebabkan mual.

2. Kopi

Kandungan kafein pada kopi dapat membuat kita terjaga. Namun, bila kopi diminum oleh ibu yang baru melahirkan, efeknya bisa menyebabkan rasa gelisah bahkan tidak bisa tidur. Belum lagi ketika menyusui, efeknya bisa berdampak juga pada bayi yang disusui. Bayi bisa rewel bila ibu yang memberi ASI minum kopi atau minum minuman berakfein.

3. Minuman Bersoda

Menikmati minuman bersoda yang dingin pastinya akan menyegarkan. Hanya saja setelah melahirkan, sebaiknya kita menghindari minuman bersoda. Kandungan gula yang tinggi dan gas pada minuman bersoda bisa memicu perut kembung. Perut pun bisa perih jika mengonsumsi minuman bersoda berlebihan.

4. Susu Kedelai

Susu kedelai menurut The Journal of Perinatal Education mengandung kalsium yang tinggi, zat besi, dan serat. Tapi kenapa sebaiknya tak diminum ibu setelah melahirkan? Hal ini karena setiap bayi berbeda. Ada bayi yang alergi terhadap kedelai dan bisa mengalami reaksi alergi bila mendapat ASI dari ibu yang minum susu kedelai. Jadi, sebaiknya memang susu kedelai dihindari dulu setelah melahirkan.

Bila ragu-ragu dengan minuman apa yang sebaiknya dihindari setelah melahirkan, berkonsultasilah ke dokter atau bidan terlebih dahulu. Bagaimana pun kondisi setiap ibu atau setiap perempuan bisa berbeda satu sama lain setelah melahirkan.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Saran Psikolog, Mengajarkan Anak agar Mampu Mengelola dan Mengekspresikan Emosi
Artikel Selanjutnya
5 Tips Parenting Cerdas Menghadapi Anak di Akhir Pekan