Sukses

Parenting

7 Langkah Membuat Anak Rajin Mencuci Tangan Mereka

Fimela.com, Jakarta Membuat diri sendiri rutin mencuci tangan sudah merupakan tantangan yang cukup sulit, terutama bagi anak. Dengan adanya pandemi virus Corona, sebagai orangtua, kamu harus berusaha membuat anak rajin mencuci tangan mereka.

Jangan khawatir, sulit bukan berarti tidak mungkin. Dilansir dari sheknows.com, Rabu (18/3/2020), berikut ini adalah beberapa langkah membuat anak rajin mencuci tangan mereka, penasaran?

1. Menggunakan sabun favorit anak

Menggunakan sabun favorit anak akan mendorong mereka untuk rajin mencuci tangan.

2. Bernyanyi

Ya, terkadang kamu harus menjadi orangtua yang kreatif. Tidak mudah membuat anak rajin mencuci tangan mereka, terutama dengan adanya aturan 20 detik, namun kamu bisa mempermudahnya dengan mengajak mereka bernyanyi. Ciptakan lagu sendiri yang bisa mereka ingat dengan mudah.

3. Tes handuk

Tes handuk bisa kamu gunakan untuk melihat apakah anak benar-benar mencuci tangan mereka dengan bersih. Siapkan handuk putih di dekat tempat cuci tangan, jika kotoran masih muncul di handuk tersebut, berarti anak belum mencuci bersih tangan mereka.

4. Mengajari anak cara mencuci tangan yang benar

Mencuci tangan tidak hanya sebatas telapak tangan dan ujung jari saja, namun juga area di antara jari-jari. Pastikan kamu mengajarkan cara yang tepat untuk mencuci tangan kepada anak.

 

5. Membersihkan permukaan barang-barang di sekitarmu

Setiap minggu, bersihkan permukaan dari setiap barang yang ada di sekitarmu. Cara ini akan mencegah penyebaran kuman atau virus.

6. Mengajari anak tentang risiko penyebaran kuman

Tidak perlu menakuti anak, namun penting untuk mengajari mereka tentang mengapa penting mencuci tangan secara rutin.

7. Mempersiapkan tisu basah atau hand sanitizer

Jika air dan sabun tidak tersedia, berikan anak tisu basah disinfektan atau hand sanitizer yang bisa mereka bawa kemana-mana.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Isolasi Diri di Rumah sambil WFH dan Menjaga Anak dengan Tips Jitu dari Psikolog
Artikel Selanjutnya
Cara Mengedukasi Anak Tentang Virus Corona