Sukses

Parenting

Tips Mengajari Anak untuk Mencuci Tangan dengan Benar

Fimela.com, Jakarta Menyuruh anak untuk mencuci tangan adalah ungkapan  usang yang mungkin sering didengarkan oleh anak-anak. Menyuruh anak untuk mencuci tangan setelah ia melakukan aktivitas seperti bermain dari luar, atau mungkin setelah dari toilet itu  harus dilakukan untuk membuat kebiasaan baik untuknya.

Dengan kekhawatiran tentang virus corona yang baru mendominasi percakapan dan tajuk utama membuat orang tua semakin khawatir akan kondisi kesehatan anggota keluarganya. Namun, sangat senang jika, sebgaian besar dari kita mengetahui bahwa begitu banyak orang tampaknya begitu sadar akan perlunya menghentikan penyebaran kuman dan meningkatkan kebersihan pribadi. Namun, yang masih menjadi pertanyaan apakah anak-anak sudah mencuci tangan dengan benar?

Sepertinya ini adalah tugas paling mendasar yang perlu diajarkan kepada anak. Sangat penting bagi anak-anak untuk mengetahui cara mencuci tangan yang benar. Berikut ini beberapa tips untuk mengajarkan anak mencuci tangan dengan benar pada anak prasekolah.

Cuci Tangan Kita Sendiri

Memberikan contoh kepada anak dengan mencuci tangan kita sendiri, secara otomatis anak akan meniru apa yang telah kita lakukan. Ini juga menunjukkan teknik kepada mereka mencuci tangan yang tepat, beri tahu mereka untuk menganggap bahwa ini adalah tugas penting yang perlu dilakukan.

Bicarakan Tentang Kapan Harus Mencuci Tangan

Sangat baik jika memberi tahu si kecil kapan ia harus mencuci tangan untuk menjaga kebersihannya. Mungkin bisa dilakukan dengan mencuci tangan sebelum makan atau setelah pergi ke kamar mandi. Namun si kecil kadang kurang menyadari kapan ia harus mencuci tangannya. Beri tahu mereka tentang mencuci tangan dengan baik, dan selalu ingatkan untuk mencuci tangan.

Beri Tahu Mengapa Harus Mencuci Tangan

Pada tingkat dasar, jelaskan bagaimana mencuci tangan mambantu menghilangkan kuman yang bisa membuat mereka sakit. Orang tua bahkan dapat memberi gambaran visual kepada anak tentang penyebaran virus yang tak terlihat oleh mata. Memberi tahu bahwa membersihkan kulit mereka dari makhluk mikroorganisme dengan adalah satu-satunya senjata yang dapat dihilangkan dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Memraktikkan

Bawa si kecil ke kamar mandi atau dapur dan tunjukkan kepada mereka bagaimana mencuci tangan dengan cara yang benar. Tunjukkan padanya perbedaan antara air panas dan dingin, tandai keduanya supaya mereka tidak bingung. Tinjau tekniknya, tunjukkan padanya jumlah sabun yang harus digunakan dengan tepat dan ajarkan cara menggosoknya. Pastikan wastafel dapat diakses, jika wastafel terlalu tinggi berikanlah bagku yang aman untuk melangkah sehingga mencapai keran. Ajarkan di antara jari, bagian atas tangan dan di bawah kuku.  Sabun antibakteri menyebarkan resistensi antibiotik.

Gunakan Pembersih Tangan

Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Ini dapat digunakan sebagai pengganti untuk mencuci tangan selama bebas dari kotoran lainnya. Pembersih tangan dapat digunakan untuk bepergian ketika tidak tersedia tempat untuk mencuci tangan.

Sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak mencuci tangan dengan benar. Sebagai orang tua kita harus telaten untuk mengajarkan anak tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara rutin.

#Changemaker

;
Loading