Sukses

Parenting

4 Manfaat Musik saat Masa Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Mendengarkan musik saat kehamilan, benarkah ada manfaatnya? Musik memang memiliki pengaruh besar terhadap emosi kita. Bahkan aktivitas mendengarkan musik dapat bantu meredakan stres. Pada ibu hamil, mendengarkan music pun bisa memberi sejumlah manfaat.

Melansir momjunction.com, bayi dalam kandungan yang diperkenalkan pada musik nantinya bisa memiliki tumbuh kembang yang optimal pada kemampuan mental hingga perkembangan emosinya dibandingkan bayi dalam kandungan yang tidak diperkenalkan musik. Aktivitas mendengarkan musik selama kehamilan bisa berdampak pada ibu serta bayi dalam kandungan.

Meredakan Stres

Stres yang diraskan ibu selama kehamilan bisa berdampak pada bayi dalam kandungan. Mendengarkan musik dapat memberi efek menenangkan dan menyenangkan sehingga dapat memberi efek positif pada suasana hati. Suasana hati jadi lebih baik dan stres pun reda. Saat ibu bisa merasa lebih rileks, maka janin dalam kandungan pun bisa lebih tenang.

Membantu Meningkatkan Refleks Bayi

Ketika ibu mendengarkan musik, bayi dalam kandungan akan ikut mendengarkan getaran dan bereaksi. Bayi pun mungkin akan ikut bergerak mengikuti irama dari getaran yang dirasakan. Hal ini pun bisa membantu bayi untuk meningkatkan kemampuan refleks dan reaksinya. 

Meningkatkan Indera Pendengaran Bayi

Saat ibu mendengarkan musik melalui headphones, secara signifikan hal ini akan meningkatkan kemampuan konsentrasi bayi dalam kandungan. Indera pendengarannya bisa lebih tajam. Bayi dalam kandungan memang mungkin belum mengerti musik, tapi vibrasi dari gelombang suara dapat membantunya untuk meningkatkan daya konsentrasi dan memiliki stimulasi mental yang lebih baik.

Membantu Menidurkan Bayi saat Baru Lahir

Banyak peneliti yang meyakini bahwa bayi dalam kandungan bisa mengingat musik dan suara yang didengar setelah lahir. Jika kita sering memutar lagu yang menenangkan saat kehamilan, maka ketika bayi lahir ia akan mengingat lagu itu. Setiap kali diperdengarkan lagu yang sama, bayi bisa lebih tenang dan terlelap. Musik yang sering kita dengar dan perdengarkan selama bayi dalam kandungan bisa terus diingat setelah bayi lahir.

Selama kehamilan, kita bisa memperdengarkan musik melalui headphone yang kita tempelkan ke perut. Pastikan volume suaranya tidak terlalu kencang, ya. Sebisa mungkin  pilih jenis musik yang bisa memberi efek menenangkan dan membuat kita nyaman.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading