Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Kecemasan Selama Kehamilan yang Perlu Ibu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Jika masih ingat, beberapa bulan yang lalu mungkin Mom sangat senang melihat dua garis pada tes kehamilan yang menunjukkan positif. Namun, mungkin saat ini merasa kekhawatiran saat mengalami hamil setelah beberapa bulan. Hal ini dapat memengaruhi kehidupan sehari-harimu. Bukankah kehamilan seharusnya menjadi saat yang menyenangkan? Jika menderita kecemasan, itu bisa rumit. Berikut ini beberapa masalah tentang kecemasan dan cara untuk mengatasinya.

Gejala Kecemasan Selama Kehamilan

Tingkat kekhawatiran setiap perempuan hamil tentunya berbeda-beda. Bagaimana pun prosesnya mungkin ini masalah baru yang dialami. Atau mungkin pernah menghadapi situasi di masa lalu, seperti keguguran, yang memberimu alasan untuk khawatir. Tetapi, jika kekhawatiran ini mulai mengganggu kehidupan sehari-hari, mungkin akan mengalami kecemasan. Berikut ini beberapa gelaja dari kecemasan yang mungkin dialami oleh perempuan hamil.

  • Merasakan kecemasan yang tak terkendali
  • Terlalu megkhawatirkan hal-hal, terutama kesehatan bayi
  • Tidak mampu berkonsentrasi
  • Mudah tersinggung dan gelisah
  • Kurang tidur

Cara Mengatasi Kecemasan

Beberapa orang mungkin telah memberi tahu bahwa dirimu harus berhenti untuk mengkhawatirkan hal tersebut karena akan memengarhui kesehatan bayi. Penelitian menunjukkan bahwa ada alasan bagus untuk mengendalikan kecemasan. Tingkat kecemasan tinggi selama kehamilan berhubungan dengan risiko kondisi yang berkembang seperti preeclampsia, kelahiran premature dan berat bayi yang rendah. Berikut ini beberapa cara dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan saat masa kehamilan.

Bicarakan Kepada Orang Terdekat

Jika merasa sangat cemas selama kehamilan, penting untuk memberi tahu seseorang, misalnya pasangan, teman dekat, atau anggota keluarga mungkin dapat menawarkan dukungan. Cukup membagikan pikiran dan perasaan, mungkin cukup untuk mencegah mereka mengambil alih kehidupan sehari-hari. Mungkin juga dapat meminta dokter untuk merujuk ke terapis yang terlatih untuk membantu mengatasi kecemasan. Beberapa terapis berspesialisasi dalam membantu perempuan hamil.

Temukan Kegiatan Menyenangkan

Terlibat dalam kegiatan yang membantu mengurangi stres dan kecemasan mungkin merupakan pilihan yang baik. Aktivitas fisik membantu tubuh melepaskan endorfin. Ini bertindak seperti obat penghilang rasa sakit alami di otak. Menggerakkan tubuh adalah salah satu cara yang paling direkomendasikan untuk mengelola stres. Kegiatan yang efektif meliputi berjalan dan yoga. Tidak suka berjalan-jalan, joging, atau yoga? Lakukan apa yang Mom suka, apa pun yang membuat tubuh bergerak dapat membantu mengurangi rasa cemas. Aktivitas aerobik selama lima menit telah terbukti memiliki manfaat positif. Selalu berbicara dengan dokter sebelum memulai latihan rutin selama kehamilan.

Olah Pikir

Ketika mengalami kecemasakn mungkin dapat mencoba aktivitas yang membantu tubuh melepaskan endorfin tanpa mengeluarkan banyak keringat, misalnya seperti meditasi, akupuntur, pijat terapi, dan latihan pernapasan dalam. American Institute of Stress merekomendasikan pernapasan dalam perut selama 20 hingga 30 menit per hari untuk membantu mengatasi kecemasan. Melakukan hal itu akan membantu menyediakan lebih banyak oksigen ke otak dan merangsang sistem saraf. Untuk mencobanya, dapatkan dalam posisi duduk yang nyaman dan tutup mata. Bayangkan diri tersenyum ke dalam dan melepaskan ketegangan di otot. Kemudian bayangkan ada lubang di kaki. Tarik napas dalam dan bayangkan udara bersirkulasi di tubuh. Buang napas dan ulangi.

Beristirahatlah

Penting untuk memastikan istirahat yang cukup. Meskipun tidur mungkin tampak sulit dipahami selama kehamilan, menjadikannya prioritas dapat membantu secara signifikan dengan gejala kecemasan. Jika sering terbangun di malam hari, taka da salahnya untuk mencoba tidur saat siang hari ini, ini dapat mengganti waktu tidur malam hari yang mungkin terlewatkan.

Mengikuti Kelas Kehamilan

Tokophobia adalah rasa takut akan melahirkan. Jika kecemasan terkait dengan persalinan itu sendiri, pertimbangkan untuk mendaftar untuk kelas kelahiran. Mempelajari berbagai tahapan persalinan, apa yang tubuh lakukan, dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Kelas-kelas ini sering menawarkan saran untuk mengatasi rasa sakit. Mereka juga akan memberi kesempatan untuk mengobrol dengan calon Mom lain yang mungkin khawatir tentang hal-hal serupa.

Konsultasi pada Dokter

Jika kecemasan memengaruhi kehidupan sehari-hari atau Anda sering mengalami serangan panik, konsultasikan dengan dokter. Semakin cepat mendapatkan bantuan, maka akan semakin baik. Di luar rujukan ke terapis, mungkin ada obat yang dapat ambil untuk meringankan gejala paling parah.

Kecemasan selama kehamilan adalah yang biasa. Jaga komunikasi tetap terbuka dengan orang-orang yang dicintai, cobalah untuk melakukan teknik manajemen stres, dan jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading