Sukses

Parenting

Tips Merayakan Ramadan yang Menyenangkan Bersama Anak

Fimela.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, umat beragama Islam melakukan puasa dengan bangun sebelum matahari terbit untuk sahur dan akan berbuka ketika matahari tenggelam. Termasuk anak-anak, mungkin akan ada sebagian dari mereka yang mulai melakukan puasa meskipun dilakukan beberapa jam saja.

Hukum Islam menyatakan bahwa anak-anak yang belum mencapai pubertas tidak diharuskan untuk menjalankan puasa. Tetap saja, beberapa keluarga meminta anak-anak mereka berpartisipasi dalam puasa. Atau mungkin orang tua menemukan cara lain untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang pengabdian, kemurahan hati, niat baik, dan pengendalian diri. Nah, berikut ini beberapa cara untuk merayakan puasa Ramadan yang menyenangkan bersama anak.

Membaca Buku Bertema

Ajaklah anak untuk membaca buku-buku bertema, seperti buku Ramadan. Buku yang memperkenalkan prinsip-prinsip kepercayaan umat Muslim kepada anak. Para orang tua juga dapat memberikan beberapa cerita nabi kepada anak-anak mereka. Hal ini bertujuan untuk mengalihkan perhatiannya pada keinginannya untuk makan dan menambah wawasan tentang Islam.

Menghias Rumah

Hiasan berbentuk bintang dan bulan sabit, adalah ikon yang sering digunakan untuk menghias rumah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Untuk menambah kesan dalam Ramadan, tak ada salahnya untuk mengajak anak menghias rumah dengan tema Ramadan. Buarlah hiasan dari kertas lipat, serta gantungkan lampu LED berkedip di kamar anak.

Libatkan Anak untuk Menyiapkan Makanan

Usahakan bagi orang tua untuk melibatkan anak dalam menyiapkan makanan untuk berbuka puasa atau pun sahur. Ini bertujuan untuk mengajarka anak untuk menyiapkan hidangan jika hendak ingin menikmati makanan. Mintalah kepada anak untuk menyiapkan menu sahur setiap malam selama bulan Ramadan. Meskipun itu berarti akan membuat mereka melewatkan waktu tidurnya, ini akan menjadi kenangan yang akan terbentuk saat memasak resep Ramadan.

Tanamkan Nilai-nilai Tentang Ramadan

Dorong anak-anak untuk memberikan layanan bagi orang lain. Orang tua bisa mengajarkan anak untuk bersedekah dan menolong orang yang sedang membutuhkan. Hal ini perlu diajarkan kepada anak, ajarkan ia untuk menahan diri dan berbuat kebaikan lainnya. Sebagai contoh, Mom bisa mengajarkan anak untuk menabung selama bulan puasa dengan rutin, yang mana uang tabungan anak selama sebulan ini dapat digunaka mereka untuk bersedekah.

Ajarkan untuk Membaca Al-Quran

Jika memiliki waktu luang, orang tua dapat mengajarkan anaknya untuk belajar membaca Al-Quran atau bacaan sesuai dengan tingkatan yang sesuai dengan anak. Selain membaca Al-Quran Mom juga bisa mengajarkan nilai-nilai yang ada dalam Al-Quran.

Berikut tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Ramadan yang menyenangkan bersama anak di rumah. Semoga mendapatkan keberkahan di bulan suci ini ya Mom!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading