Sukses

Parenting

5 Cara Meningkatkan Rasa Empati pada Anak

Fimela.com, Jakarta Menanamkan rasa empati sejak kecil memang penting. Hal ini agar anak memiliki rasa peduli pada orang lain dan membuatnya tidak menjadi seseorang yang pelit.

Jika si kecil memiliki rasa empati, ia akan tumbuh menjadi anak yang memiliki rasa bersyukur, memiliki tujuan hidup, dan mudah dicintai banyak orang. Lalu bagaimana cara mengajarkan anak rasa empati? Berikut ulasannya dilansir dari Huffpost.

1. Mengajarkan tentang berbagai perasaan

Psikologi Samantha Rodman, PhD, mengatakan orangtua dapat mengajarkan tentang berbagai perasaan. Agar anak bisa memiliki rasa empati pada orang lain. Ajarkan si kecil untuk menunjukan emosi yang ia rasakan dan orangtua rasakan.

Contohnya: "Mama kecewa kamu makannya tidak habis"

2. Manfaatkan media

Menumbuhkan rasa empati anak bisa dengan membaca buku, menonton televisi atau Youtube. Dari media tersebut orangtua bisa mengajarkan berbagai perilaku karakter yang mana yang baik atau jahat. Terangkan kepada anak sisi positif dan negatif dari masing-masing karakter.

3. Banyak berdiskusi

Saat anak memukul, ada baiknya kita langsung memisahkan dan menenangkannya. Lalu bicarakan pelan-pelan bahwa tindakan tersebut tidak baik.

Bimbing anak untuk menceritakan perasaan sebenarnya. Ini dapat membantu mereka mengekspresikan diri mereka dengan cara yang lebih adaptif.

4. Mengakui kesalahan

Jika orangtua melakukan kesahalan, ada baiknya untuk mengakuinya kepada anak. Dengan begitu anak akan belajar bagaimana menghargai dan empati pada orang lain.

5. Ajak anak untuk mudah memberi

Beri contoh kepada anak jika kita memberi pada orang yang membutuhkan adalah prilaku yang baik. Ajak anak untuk selalu menolong orang lain. Contohnya, "Nak, tolong ibu merapihkan mainanmu,"

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Albumin Dibutuhkan Ibu Hamil di Saat Pandemi Virus Corona, Berikut Penjelasannya
Artikel Selanjutnya
Mengetahui Manfaat Menggambar bagi Anak