Sukses

Parenting

6 Tips Membuat Anak Nyaman dan Betah Saat Memakai Masker

Fimela.com, Jakarta Mengenakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di luar rumah adalah keharusan baru yang harus kamu lakukan saat ini di tengah pandemi virus Corona. Tidak terkecuali dengan anak, karena anak-anak dan orang tua justru lebih rentan dibandingkan orang-orang berusia dewasa.

Sayangnya, tidak mudah membuat anak merasa nyaman mengenakan masker, merasakannya juga? Namun, jangan khawatir, dilansir dari purewow.com, Senin (11/5/2020), berikut ini adalah beberapa tips membuat anak nyaman memakai masker.

1. Pastikan anak mengenakan masker untuk ukurannya

Membuat anak mengenakan masker untuk orang dewasa tidak akan berhasil. Untuk anak, kamu harus menggunakan masker anak dengan ukuran yang pas dan nyaman.

2. Tambahkan kostum tertentu

Membuat anak merasa lebih nyaman menggunakan masker bisa disiasati dengan memberikan mereka kostum tambahan, seperti jubah superhero. Katakan pada anak bahwa mereka sedang dalam sebuah misi untuk memberi mereka waktu beradaptasi.

3. Bicara tentang alasan harus memakai masker pada anak

Jika anak sudah cukup besar untuk mengerti, jelaskan mengapa mereka harus mengenakan masker dan mencuci tangan secara rutin. Bantu mereka memahami kondisi yang sedang terjadi saat ini.

4. Menjadikannya permainan

Ini kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Saat kamu dan anak sama-sama mengenakan masker, cobalah membuat permainan, seperti menebak ekspresi.

5. Membuatnya normal

Salah satu cara agar anak nyaman mengenakan masker adalah menganggap bahwa penggunaan masker adalah sesuatu yang normal. Tunjukkan pada mereka fotomu bersama teman-teman saat mengenakan masker.

6. Memberi hadiah

Ini adalah tips klasik, ketika anak berhasil mengenakan masker sepanjang berada di luar rumah, berikan mereka hadiah. Apapun yang berhasil mereka lakukan, anak layak mendapatkan hadiah, bukan?

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Anjuran Dokter, 3 Cara Ini Mampu Menjaga Imunitas Keluarga di Tengah Pandemi Virus Corona
Artikel Selanjutnya
4 Tips Puasa Lancar bagi Ibu Menyusui di Bulan Ramadan